Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2020



Gangguan nutrisi terjadi pada beberapa penyakit salah satunya DM. Prevalensi penderita diabetes mellitus di Indonesia sebesar 10.9 %. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan pemenuhan nutrisi pada pasien diabetes mellitus tipe II di ruangan penyakit dalam Ruang Penyakit Dalam RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2020.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruangan penyakit dalam pada bulan November 2019 sampai Juni 2020. Populasi sebanyak tiga orang dengan sampel satu orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposife sampling yang sesuai dengan kriteria inkulsi setelah itu menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi. Analisa data dengan membandingkan antara studi kasus dengan teori.
Hasil penelitian partisipan mengeluh tidak nafsu makan, dan tidak menghabiskan porsi diet yang diberikan. Diagnosa yang diangkat yaitu defisit nutrisi berhubungan dengan dengan peninngkata metabolisme. Rencana keperawatan yaitu manajemen nutrisi, sebagian besar rencana keperawatan dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan. Evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan yang ditemukan dapat teratasi.
Melalui Direktur rumah sakit RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2020 hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi dalam memberikan asuhan keperawatan, terutama dalam menangani kasus pasien DM yang perlu pemantauan nutrisi.
Kata kunci : Gangguan nutrisi, Diabetes Melitus, Asuhan Keperawatan
Daftar pustaka : 27 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2064064 Res AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
064 Res A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 59 Hal. : 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this