Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Human Immunodeficiency Virus (Hiv) / Acquired Immunodeficiency Syndrome (Aids)  Di Ruang Irna Penyakit Dalam Pria Rsup Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Human Immunodeficiency Virus (Hiv) / Acquired Immunodeficiency Syndrome (Aids) Di Ruang Irna Penyakit Dalam Pria Rsup Dr. M. Djamil Padang



Menurut World Health Organization (WHO) HIV terus menjadi masalah kesehatan publik global utama, dimana sejauh ini telah merenggut lebih dari 32 juta jiwa. Ada sekitar 37.9 juta orang yang hidup dengan HIV pada akhir 2018. Penderita HIV/AIDS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Pria RSUP. Dr. M. Djamil Padang pada bulan September – November 2019 terdapat 27 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien dengan HIV/AIDS di Ruang IRNA Penyakit Dalam Pria Rsup. Dr. M. Djamil Padang tahun 2020.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di ruang penyakit dalam pria RSUP. Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2019 sampai bulan Juni 2020. Asuhan keperawatan dilakukan tanggal11 Februari- 15 Februari 2020.Populasi penelitian ini berjumlah 4 orang, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan 1 orang sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan esklusi. Instrument pengumpulan data asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan.
Hasil penelitian didapatkan data pasien mengeluh sesak nafas, nafsu makan menurun, penurunan berat badan, badan terasa lemah, mual, demam, suhu 38.20C, kepala terasa pusing, bibir kering dan pecah-pecah, sulit tidur dan gelisah. Diagnosa keperawatan yang muncul yaitu pola nafas tidak efektif, defisit nutrisi dan ansietas. Intervensi yang telah dilakukanyaitu manajemen jalan napas, pemantauan respirasi, monitor tanda-tanda vital,manajemen nutrisi, reduksi ansietas dan teknik relaksasi napas dalam. Hasil evaluasi yang dilakukan selama 5 hari dalam bentuk SOAP dimana masalah keperawatan defisit nutrisi sudah teratasi pada hari kelima dan masalah pola napas tidak efektif dan ansietass teratasi sebagian pada hari kelima.
Melalui pimpinan RSUP. Dr. M. Djamil Padang khususnya perawat ruangan agar dapat lebih sering menggunakan teknik relaksasi nafas dalam untuk membantu pasien ansietas di setiap memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan HIV/AIDS.

Kata kunci: HIV/AIDS , Teknik Relaksasi Nafas Dalam dan Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 25 (2011-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2065065 Vid AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
065 Vid A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 88 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this