Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Harga Diri Rendah Di Wisma Merpati Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Harga Diri Rendah Di Wisma Merpati Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang



Harga diri rendah adalah perasaan tidak berharga, tidak berarti dan rendah diri yang berkepanjangan akibat evaluasi negatif terhadap diri sendiri dan kemampuan diri. Fenomena yang ada ketika observasi pasien harga diri rendah Di Ruangan, ditemukan pasien lebih suka sendiri, terlihat murung dan sulit untuk diajak melakukan kegiatan dan tidak ditemukan keluarga pasien yang sedang berkunjung. Berdasarkan hasil survei di Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang, dari bulan September 2019 sampai bulan November 2019 terdapat 69 orang pasien yang masuk dengan harga diri rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan jiwa pada pasien dengan harga diri rendah di Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang Tahun 2020.

Desain penelitian yang digunakan yaitu non eksperimental dengan jenis deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Wisma Merpati Rumah sakit jiwa Prof HB Saanin Padang selama 7 hari dengan populasi 20 orang dan satu sampel. Proses penyusunan dimulai pada tanggal 17 Februari 2020 sampai 23 Februari 2020. Analisis yang dilakukan meliputi pengkajian, diagnosis keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, evaluasi keperawatan yang dibandingkan dengan penelitian orang lain dan teori yang ada.

Hasil penelitian didapatkan keluhan utama pasien dengan harga diri rendah adalah merasa tidak berguna, merasa tidak dihargai, merasa tidak diterima orang lain, sering menunduk, berbicara pelan, suka menyendiri dan merasa takut. Diagnosis keperawatan yang didapatkan yaitu harga diri rendah, ketidakefektifan pola koping dan isolasi social. Intervensi keperawatan jiwa yang dilaksanakan sudah terstruktur dan sesuai dengan kondisi pasien saat penelitian. Implementasi yang dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Evaluasi keperawatan didapatkan semua diagnosis telah teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi perawat ruangan di Wisma Merpati Rumah sakit jiwa Prof HB Saanin Padang dalam melakukan asuhan keperawatan khususnya pada pasien harga diri rendah dan memaksimalkan implementasi yang dilakukan yaitu melatih kemmapuan positif pasien.

Kata kunci (keywords) : Harga Diri Rendah, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 19 (2011-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2037037 Lut AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
037 Lut A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 68 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this