Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Cedera Kepala Di Ruang Trauma Center RSUP. DR. M. Djamil Padang Tahun 2

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Cedera Kepala Di Ruang Trauma Center RSUP. DR. M. Djamil Padang Tahun 2



Cedera kepala merupalan penyebab utama kematian utama yang diakibatkan karena kecelakaan lalu lintas, cedera kepala merupakan proses dimana terjadi trauma langsung atau tidak langsung terhadap kepala yang menyebabkan kerusakan tengkorak dan otak. Menurut WHO (2018) sebanyak 1,25 juta orang meninggal dengan cedera kepala akibat kecelakaan lalu lintas, dan cedera kepala ringan hingga sedang mencapai 50 juta lebih. Terhitung sebanyak 252 orang pasien mengalami cedera kepala yang dirawat di RSUP. Dr. M. Djamil Padang pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala di RSUP. Dr. M. Djamil Padang tahun 2020.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di ruang Trauma Center RSUP. Dr. M. Djamil Padang pada bulan Desember 2019 sampai dengan Mei 2020 dan pengumpulan data dilakukan selama 6 hari pada tanggal 20 Februari sampai dengan 25 Februari. Populasi penelitian ini adalah pasien dengan cedera kepala yang terdiri dari 3 partisipan dengan sampel terdiri dari 1 orang partisipan yang diambil secara purposive sampling yang mana pemilihan sampel berdasarkan dengan kriteria insklusi yang ada. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian sampai evaluasi keperawatan, pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan yang ditemukan pada partisipan adalah pola nafas tidak efektif, resiko perfusi cerebral tidak efektif, gangguan integritas kulit/jaringan. Intervensi yang dilakukan antara lain manajemen jalan napas, terapi oksigen, manajemen peningkatan tekanan intrakranial, pemantauan neurologis, pemantauan integritas kulit, perawatan luka. Masalah teratasi sebagian pada partisipan adalah pola nafas tidak efektif pada hari kelima dan resiko perfusi serebral tidak efektif pada hari ke lima dan gangguan integritas kulit/jaringan pada hari ke lima.
Disarankan kepada tenaga kesehatan di ruang Trauma Center RSUP. Dr. M. Djamil Padang agar dapat memberikan motivasi kepada perawat dalam melakukan asuhan keperawatan dan mempertahankan intervensi keperawatan pada pasien dengan cedera kepala serta lebih memantau lagi perkembangan GCS pasien.
Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Cedera Kepala
Daftar Pustaka : 31 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2062062 Mon AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
062 Mon A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 69 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this