Image of Asuhan Keperawatan Pada pasien Harga Diri Rendah Di Ruangan Cendrawasih Di Rumah Sakit Jiwa Prof. Hb. Saanin Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada pasien Harga Diri Rendah Di Ruangan Cendrawasih Di Rumah Sakit Jiwa Prof. Hb. Saanin Padang



Harga diri rendah terjadi umumnya pada pasien dengan gangguan jiwa. Jumlah pasien penderita gangguan jiwa di Ruangan Cendrawasih Rumah Sakit Prof. HB Saanin Padang pada Bulan November- Februari 2020 didapatkan sebanyak 17 orang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan asuhan keperawatan dengan harga diri rendah di ruang Cendrawasih di Rumah Sakit Prof. HB Saanin Padang.

Jenis penelitian ini digunakan adalah studi kasus dalam bentuk deskriptif. Populasi penelitian yang dipakai yaitu pasien gangguan jiwa skizofrenia yang mengalami harga diri rendah diruangan Cendrawasih Rumah Sakit Prof. HB. Saanin Padang berjumlah 17 orang dan yang memenuhi kriteria sebanyak 8 orang. Selanjutnya dilakukan teknik random sampling untuk mendapatkan responden yang akan dilakukan asuhan keperawatan harga diri rendah. Proses penyusunan dimulai dari bulan November 2019- februari 2020. Asuhan keperawatan dilakukan selama 6 hari dimulai pada tanggal 13 april- 18 april. alat untuk pengumpulan data yang dipakai adalah format pengkajian jiwa serta alat pemeriksaan fisik. Analisa yang dapat terhadap proses asuhan keperawatan yang dilakukan peneliti meliputi pengkajian, diagnosa, intervesi, implementasi, dan evaluasi keperawatan dibandingkan dengan teori yang ada.

Hasil pengkajian pada responden ia tidak berguna, tidak bisa melakukan apa-apa, malas untuk melakukan sesuatu, malas untuk berinteraksi dengan orang lain, klien tampak banyak bermenung, banyak diam, tampak sedih, kontak mata klien kurang, suara klien pelan dan lambat. Diagnosa keperawatan yang muncul yaitu harga diri rendah, ketidakefektifan pola koping, isolasi sosial, dan defisit perawatan diri. Rencana keperawatan direncanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Pada evaluasi keperawatan didapatkan semua diganosa keperawatan teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi perawat di Ruang Cendrawasih Rumah Sakit Prof. HB Saanin Padang dalam melakukan asuhan keperawatan dan memasimalkan implementasi yang dilakukan dengan lebih memotivasi klien untuk melakukan kegiatan.

Kata Kunci (Key Word) : Harga Diri Rendah, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 25 (2011-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2033033 Muh AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Muh A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 66 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this