Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Kanker Payudara Di Ruangan Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Kanker Payudara Di Ruangan Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang 2020



Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama diseluruh dunia. Salah satu kanker yang terbesar adalah kanker payudara. Badan kesehatan WHO menyatakan bahwa 8-9 persen wanita akan mengalami kanker payudara. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, angka kanker payudara di Indonesia mencapai 42,1 orang per 100 ribu penduduk. Data medik pasien kanker payudara di RSUP Dr. M. Djamil Padang bulan Januari – Oktober tahun 2019 terdapat sebanyak 165 kasus pasien rawat inap yang menderita kanker payudara. Tujuan penelitian yaitu untuk menggambarkan asuhan keperawatan pada pasien kanker payudara di ruangan bedah wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020.

Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif yaitu studi kasus di ruangan bedah wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang mulai dari bulan Desember 2019 sampai dengan Mei 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang. Teknik dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 1 orang pasien yang menderita kanker payudara dengan memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Cara pengumpulan data yaitu dengan wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran, dan dokumentasi. Analisa data dengan menentukan intervensi, implementasi, dan evaluasi yang dirasakan klien kanker payudara.

Hasil evaluasi peneliti, klien mengatakan pernapasan sudah tidak sesak lagi, nyeri yang dirasakan akibat bekas operasi sudah berkurang. Klien mengalami sesak napas, nyeri pada bekas operasi, kemerahan dan gatal sudah mulai berkurang. Diagnosa utama yaitu pola napas tidak efektif berhubungan dengan penurunan ekspensi paru, intervensiyaitu monitor pola napas (frekuensi,kedalaman, usaha napas), monitor sputum, pertahankan kepatenan jalan napas, posisikan semi fowler/fowler, berikan minuman hangat, berikan oksigen jika diperlukan, ajarkan teknik batuk efektif.

Melalui Direktur Rumah Sakit disarankan dapat mengarahkan petugas rumah sakit agar dapat memberikan perawatan yang optimal kepada pasien. Diharapkan peneliti selanjutnya, melakukan pengkajian secara tepat dan mengambil diagnosa secara tepat menurut pengkajian dan pemeriksaan yang didapatkan dan dalam melaksanakan tindakan keperawatan, harus terlebih dahulu memahami masalah dengan baik, serta mendokumentasikan hasil tindakan yang telah dilakukan.
Kata Kunci : Kanker Payudara, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 19 (2010 - 2019)


Ketersediaan

KTIKP.2066066 Lar AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
066 Lar A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 82 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this