Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Kanker Serviks Post Kemoterapi Di Ruang Gynekologi Onkologi Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Kanker Serviks Post Kemoterapi Di Ruang Gynekologi Onkologi Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang



Pengobatan untuk kanker serviks yang paling banyak digunakan adalah kemoterapi yang berdampak pada perubahan fisik dan psikologis. Pasien akan merasakan mual muntah, kontipasi, alopecia, penurunan nafsu makan, kecemasan dan harga diri negatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan kanker serviks post kemoterapi di ruang Gynekologi-Onkologi Irna Kebidanan RSUP DR. M. Djamil Padang.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Waktu melakukan Asuhan Keperawatan pada tanggal 24-28 Maret 2020. Populasi dua orang kanker serviks post kemoterapi dengan satu partisipan dipilih secara purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengukuran, wawancara, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menganalisis semua temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan teori dan penelitian terdahulu.

Hasil penelitian pada pengkajian dengan skala HARS didapatkan cemas tingkat sedang dan partisipan merasa cemas, takut dengan kondisinya dan pengobatan yang akan dilakukan. Diagnosis keperawatan utama yaitu ansietas berhubungan dengan kurang terpaparnya informasi. Rencana keperawatan yaitu reduksi ansietas. Implementasi yang dilakukan adalah menginformasikan melalui leaflet mengenai pengobatan termasuk sensansi yang mungkin dialami dan mengajarkan teknik nafas dalam. Cemas mulai berkurang pada hari kedua dimana Ny. S sudah memahami efek samping dari kemoterapi. Masalah teratasi hari ke tiga dimana Ny. S tidak merasa cemas, tampak tenang, dan sudah dapat melakukan teknik relaksasi nafas dalam secara mandiri.

Penelitian yang dilakukan selama lima kali kunjungan ini menunjukkan masalah ansietas teratasi dan pengetahuan meningkat. Disarankan perawat ruangan lebih menggunakan skala HARS untuk lebih mengidentifikasi tingkat kecemasan pasien dan aroma terapi jahe untuk mual muntah.

Kata Kunci : kanker serviks, kemoterapi, asuhan keperawatan
Daftar pustaka : 34 (2009-2018)


Ketersediaan

KTIKP.2098098 Nov AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
098 Nov A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 94 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this