Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Cedera Kepala Berat Di Ruang HCU Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Cedera Kepala Berat Di Ruang HCU Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020



Cedera kepala merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas di dunia, Persentase penyebab cedera kepala berdasarkan tempat kejadian di Indonesia 44,7% di rumah dan lingkungan, 31,4% jalan raya, 9,1% tempat kerja, 9,1% di sekolah, dan 8,1% tempat lain. Pasien cedera kepala yang di rawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang, dalam 1 tahun terakhir mencapai 252 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala di Ruang HCU Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2019 – Juni 2020 di Ruang HCU Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang. Asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 16- 25 Februari 2020. Populasi penelitian ini berjumlah 3 orang, pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dengan menggunakan metode mengambilan sampel sesuai dengan tujuan penelitian yaitu 1 orang sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.

Hasil penelitian didapatkan pasien mengalami penurunan kesadaran, gelisah, terjadinya peningkatan intrakranial, kerusakan neurologis, luka pada kepala, perubahan tanda- tanda vital, demam dengan suhu 38˚C, bunyi suara nafas tambahan dan esktremitas teraba dingin. Diagnosa keperawatan yang muncul adalah bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan sekret tertahan, risiko perfusi serebral tidak efektif berhubungan dengan cedera kepala , gangguan pertukaran gas berhubungan dengan ketidakseimbangan ventilasi- perfusi, hipertermi berhubungan dengan respon trauma dan risiko luka tekan berhubungan dengan penurunan mobilisasi. Intervensi keperawatan yang dilakukan yaitu manajemen jalan napas, penghisapan jalan nafas, manajeman peningkatan tekanan intrakranial, pemantauan neurologis, pemantauan respirasi, terapi oksigen, manajeman hipertermia, pemantauan caira dan pencegahan luka tekan menggunakan VCO. Evaluasi masalah keperawatan teratasi sebagian yaitu bersihan jalan nafas, gangguan pertukaran gas, hipertermi, risiko luka tekan dan risiko perfusi serebral.

Diharapkan kepada perawat ruangan untuk mempertahankan intervensi perawatan kulit dengan menggunakan VCO untuk mengatasi masalah keperawatan risiko luka tekan pada pasien tirah baring khususnya pasien cedera kepala.

Kata kuci : Cedera kepala, Pencegahan Luka Tekan Menggunakan VCO dan Asuhan Keperawatan.
Daftar Pustaka: 46 (2010 -2019)


Ketersediaan

KTIKP.2089089 Aul AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
089 Aul A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 98 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this