Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke Hemoragik Di Ruang Rawat Inap Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Menurut World Health Organization (2018), dari 57 juta kematian di seluruh dunia lebih dari setengah (71%) terjadi karena stroke. Di Indonesia, masalah stroke berada di urutan ketiga penyebab kematian sebesar 15,4%, dan di Sumatera Barat angka kejadian stroke sebesar 10,9 permil tahun 2018 (Riskesdas 2018). Penderita penyakit Stroke Hemoragik di Bangsal Saraf RSUP Dr M. Djamil Padang setiap tahunnya mengalami peningkatan dan dalam 3 bulan terakhir (November 2019 – Januari 2020) tercatat yaitu 98 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan asuhan keperawatan pada pasien dengan Stroke Hemoragik di Bangsal Saraf RSUP Dr M.Djamil Padang dengan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan studi kasus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruang Rawat Inap Saraf RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2019 - Mei 2020. Pada tanggal 05 Februari 2020 populasi yang didapatkan sebanyak 4 orang pasien stroke hemoragik. Sedangkan sampel yang diambil 1 orang pasien melalui simple random sampling. Instrumen pengumpulan data asuhan keperawatan mulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Analisis dilakukan dengan menganalisa temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan konsep dan teori pasien stroke hemoragik.

Hasil penelitian didapatkan masalah keperawatan Penurunan kapasitas adaptif intrakarnial dengan intervensi manajemen peningkatan tekanan intrakranial, pemantauan tekanan intrakarnial, monitor neurologi, monitor tanda-tanda vital. Nyeri akut dengan intervensi manajemen nyeri, monitor tanda-tanda vital. Defisit perawatan diri dengan intervensi dukungan perawatan diri. Hambatan mobilitas fisik dengan intervensi terapi mobilitas (pergerakan) sendi.

Pada evaluasi masalah keperawatan belum bisa teratasi sepenuhnya, yaitu pada diagnose deficit perwatan diri evditandai dengan pasien yang belum bisa secara mandiri dan masih membutuhkan bantuan keluarga untuk melakukan perawatan diri .
Dan pada diagnose hambatan mobilitas fisik ditandai dengan pasien belum mampu secara mandiri melakuakan kegiatan sehari-hari dan masih membutuhkan bantuan keluarga untuk melakukan aktivitas.

Diharapkan kepada perawat RSUP Dr.M.Djamil Padang agar studi kasus ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien stroke hemoragik. Serta di harapkan agar dapat memotivasi pasien serta keluarga tentang kasus stroke hemoragik sehingga dapat meningkatkan asuhan keperawatan secara biopsikososial dan spiritual

Kata Kunci : Stroke Hemoragik, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 17 (2012-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2088088 Ann AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
088 Ann A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 155 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this