Image of Asuhan Keperawatan Pada An. A dengan Diare Di Ruang Ibu Dan Anak RS TK. III dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada An. A dengan Diare Di Ruang Ibu Dan Anak RS TK. III dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2020



Diare merupakan salah satu penyebab utama tingginya angka kesakitan dan angka kematian pada anak dibawah usia 5 tahun di dunia. Diare dapat menyebabkan kekurangan volume cairan (dehidrasi), jika tidak ditangani dengan tepat dapat mengakibatkan syok hipovolemik bahkan kematian. Data Dinas Kesehatan Kota Padang (2018), kurang dari lima puluh persen (50%) kasus diare pada anak yang dapat ditangani oleh fasilitas Kesehatan di Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengaplikasikan asuhan keperawatan pada anak dengan diare di Ruang Ibu dan Anak RS TK III dr. Reksodiwiryo padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain studi kasus, dilakukan pada bulan Desember 2019 hingga bulan Mei 2020. Populasi penelitian seluruh pasien anak dengan diare dengan sampel 1 orang dengan teknik puposifsampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan format pengkajian dan alat pemeriksaan fisik. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, studi dokumentasi, data dianalisis dengan membandingkan hasil asuhan keperawatan dengan teori & penelitian sebelumnya.
Hasil penelitian didapatkan An.A mengalami Diare dengan gejala BAB encer ≥5 kali, berlendir, tidak berdarah, mual muntah, demam, tugor kulit kembali lambat, nafsu makan menurun, serta lidah kotor. Diagnosa keperawatan utama yaitu hipovolemia berhubungan kehilangan cairan aktif. Rencana keperawatan yaitu manjemen hipovolemia, manajemen cairan dan monitor intake output. Implementasi yang dilakukan sesuai intervensi yang telah dirumuskan. Evaluasi masalah kekurangan volume cairan teratasi pada hari ke-5.

Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya perhatian lebih terhadap kehilangan cairan yang berlebihan pada pasien diare dan memberikan pemahaman pada keluarga serta memperhatikan sanitasi lingkungan untuk mencegah kejadian diare berulang.

Kata kunci (Key Word):Asuhan Keperawatan, Anak, Diare, Dehidrasi
Daftar Pustaka: 42(2010-2020)


Ketersediaan

KTIKP.2099099 Aud AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
099 Aud A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 112 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this