Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Rs Hermina Padang Tahun 2019

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Nutrisi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II Di Rs Hermina Padang Tahun 2019



Kebutuhan nutrisi bagi tubuh merupakan suatu kebutuhan dasar yang sangat vital, nutrisi merupakan sumber energi untuk segala aktivitas dalam sistem tubuh. Penderita diabetes melitus di Indonesia sebesar 2,3 persen (Riskesdas, 2018). Hasil survey yang dilakukan pada tanggal 16 Desember 2019, didapatkan pasien sebanyak tiga orang dengan diabetes mellitus yang mengalami gangguan pemenuhan nutrisi. Untuk mengatur keseimbangan nutrisi pada pasien, perawat sudah melakukan tindakan pemantauan diet pasien dengan baik. Tujuan penulisan karya tulis ilmiah adalah mendeskripsikan asuahan keperawatan gangguan nutrisi pada pasien diabetes melitus tipe II di RS Hermina Padang tahun 2019.
Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan studi kasus di ruang penyakit dalam RS Hermina Padang. Waktu penelitian dari tanggal 20-25 Desember 2019. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling dengan pengambilan sampel secara acak dengan satu partisipan yang mengalami gangguan nutrisi.
Hasil penelitian yang didapatkan partisipan mengeluh tidak nafsu makan, berat badan menurun, diet yang diberikan tidak habis, lemah, dan mual. Diagnosa utama yang diangkat yaitu ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, ketidakstabilan kadar glukosa darah, dan keletihan. Rencana keperawatan yang dilakukan yaitu manajemen dan memonitor nurisi, manajemen hiperglikemia, dan manajemen energi. Implementasi keperawatan adalah memonitor terjadinya penurunan berat badan, monitor terjadinya peningkatan kadar gula darah. Evaluasi keperawatan didapatkan diet yang diberikan habis, GDS 145 mg/dl, diberikan rencana tindak lanjut tentang diet diabetes dengan memperhatikan 3J : jumlah, jadwal, dan jenis makanan.
Melalui Direktur RS Hermina Padang diharapkan perawat dapat memberikan pendidikan kesehatan pada pasien dan keluarga tentang tujuan diet diabetes melitus dengan memperhatikan 3J dan memonitor diet yang diberikan.
Kata kunci : Gangguan Pemenuhan Nutrisi, Diabetes Melitus Tipe II, Asuhan Keperawatan
Daftar pustaka : 24 (2011-2018)


Ketersediaan

KTIKP.20106106 Sya AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
106 Sya A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 72 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this