Image of Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis (CKD) Di Ruang Penyakit Dalam  RSUP Dr. M. Djamil Padang Sumatera Barat

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis (CKD) Di Ruang Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Sumatera Barat



Gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit merupakan masalah utama pasien gagal ginjal kronis. WHO (2018) terdapat sebanyak 200.000 kasus gagal ginjal. Jumlah pasien gagal ginjal kronik di RSUP Dr. M.Djamil Padang tahun 2019 sebanyak 641 orang. Hasil dokumentasi dari catatan keperawatan pada implementasi tidak ditemukan adanya pemantauan berat badan setiap hari, serta pemantauan tingkat derajat edema. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit pada pasien gagal ginjal kronis di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dimulai bulan Desember 2019 sampai Mei 2020. Populasi adalah pasien gagal ginjal kronis yang bermasalah kebutuhan cairan dan elektrolit yaitu sebanyak 4 orang, sampel adalah satu orang pasien dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data dengan cara wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk melihat teori dan hasil penelitian sebelumnya.

Hasil penelitian, pasien mengatakan sesak saat beristirahat, mengeluh sesak nafas, pasien terlihat edema perifer pada bagian kaki dan tangan, berat badan pasien meningkat dari 65 ke 80 kg, BAK terlihat sedikit 200 cc/hari, intake 1100 cc, output 200 cc. Diagnosa keperawatan yaitu Hipervolemia berhubungan dengan gangguan mekanisme Regulasi. Rencana keperawatan dan implementasi meliputi pemeriksaan tanda dan gejala hipervolemia, memonitor intake dan output, menimbang berat badan setiap hari serta pengukuran derajat edema. Evaluasi asuhan keperawatan masalah kelebihan cairan masih perlu dibatasi dan diatur.

Melalui Direktur RSUP Dr.M.Djamil Padang diharapkan perawat ruangan menerapkan pemantauan balance cairan melalui penimbangan berat badan dan pengukuran derajat edema sebagai intervensi dalam melakukan asuhan keperawatan. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti efektifitas pemantauan balance cairan terhadap derajat edema pasien gagal ginjal kronis.
Kata Kunci : Gagal Ginjal Kronis(CKD), Cairan Dan Elektolit, Asuhan
Keperawatan
Daftar Pustaka : 34 (2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.20103103 Ind AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
103 Ind A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 90 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this