Image of Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Aktifitas Gerak Pada Pasien Stroke Iskemik Di RS Tk.III Dr.Reksowiryo Padang Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Dengan Gangguan Aktifitas Gerak Pada Pasien Stroke Iskemik Di RS Tk.III Dr.Reksowiryo Padang Tahun 2020



Gangguan mobilitas fisik adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat bergerak secara bebas, dampak gangguan mobilisasi pada pasien stroke yaitu seperti disfungsi neurologi berupa kelemahan pada anggota gerak, gangguan gerak menyebabkan psien tidak dapat melakukan aktivitas sendiri yang mengakibatkan gangguan mobilisasi. Berdasarkan hasil Riskesdas 2018, angka kejadian stroke mencapai 1.236.825 orang/ atau sebesar 7%. Tujuan penelitian menderskripsikan asuhan keperawatan dengan Gangguan aktifitas gerak pada pasien Stroke di RS Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang tahun 2020.
Desain penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus, yang dilakukan pada bulan November 2019 sampai bulan Juni 2020. Populasi yang ditemukan sebanyak 3 orang yang mengalami gangguan aktifitas gerak, besar sempel 1 orang dengan teknik simpel random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian keperawatan dasar dari pengkajian sampai evaluasi. Pengumpulan data dengan cara wawancara, dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan membandingkan hasil peneliitian dengan teori keperawatan.
Hasil penelitian didapatkan pada pasien mengeluh lemah anggota gerak sebelah kiri dan aktivitas dibantu.Diagnosa keperawatan gangguan mobilitas fisik, intervensi dan implementasi berupa latihan fisik dalam bentuk ROM. ROM dilakukan pada pagi hari dengan waktu setiap latihan 10 menit, intervensi serta implementasi untuk resiko jatuh berupa pencegahan jatuh. Evaluasi yang didapatkan selama 5 hari pasien terjadinya peningkatan kekuatan otot dari skala 3 menjadi skala 4 namun latihan psien tetap dilanjutkan dan intervensi serta untuk resiko terjadi peningkatan pasien tidak jatuh.
Berdasarkan hasil penelitian ROM sangat diperlukan dalam meningkatkan kekuatan otot pasien. Disarankan kepada perawat menggunakan ROM sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kekuatan otot pasien.
Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Gangguan mobilitas , ROM, Stroke
Daftar Pustaka : 26 (2011-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2090090 Ars AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
090 Ars A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 81 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this