Image of Asuhan Keperawatan Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman Tahun 2020



Hipetensi pada lansia merupakan peningkatan tekanan darah diatas 140/90 mmHg yang diakibatkan oleh proses aging dari organ tubuh manusia seiring bertambah umur. Hasil survei awal yang dilakukan pada tanggal 30 Desember 2019 di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin terdapat 37 orang lansia 46 % dari 79 lansia yang menderita hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada lansia dengan hipertensi .
Desain penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus. Populasi seluruh lansia yang menderita penyakit hipertensi, 1 sampel dipilih secara simple random sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi. Waktu penelitian dari bulan Desember 2019 sampai bulan Mei 2020. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian asuhan keperawatan gerontik. Cara pengambilan data dengan cara wawancara, observasi, dan pengukuran. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengkajian sampai evaluasi dengan menggunakan konsep teori keperawatan.
Hasil penelitian didapatkan keluhan utama kepala terasa sakit, berat pada tengkuk, tekanan darah 190/100 mmHg. Diagnosa yang ditemui yaitu nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisiologis, intoleransi aktivitas berhubungan dengan ketidakseimbangan antara suplai oksigen dengan kebutuhan oksigen. Tindakan keperawatan berupa teknik relaksasi otot progresif dan memberikan edukasi kesehatan. Hasil evaluasi didapatkan tekanan darah 150/90 mmHg, gerakan teknik relaksasi otot progresif dilakukan mandiri, sehingga masalah teratasi.
Diharapkan untuk pihak Panti Sosial Tresna Werdha bahwa hasil karya tulis ilmiah ini dapat dijadikan acuan untuk menangani masalah hipertensi pada lansia, sehingga lebih mengupayakan untuk memperhatikan pola hidup sehat seperti diet hipertensi, aktivitas fisik, dan kebiasaan yang dapat dihindari seperti merokok dalam mendukung pencegahan terjadinya hipertensi.
Kata Kunci : Hipertensi, Lanjut usia, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 30 (2013 – 2019)


Ketersediaan

KTIKP.2091091 Rah AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
091 Rah A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 95 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this