Image of Asuhan Keperawatan Pada Pasien Cedera Kepala Di Ruang Trauma Center RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Cedera Kepala Di Ruang Trauma Center RSUP Dr. M. Djamil Padang



Cedera kepala merupakan salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan seumur hidup diakibatkan kecelakaan lalu lintas. Persentase penyebab cedera kepala berdasarkan tempat kejadian di Indonesia 44,7% di rumah, 31,4% di jalan raya dan 9,1% tempat kerja. Pasien yang dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang dalam 3 tahun terakhir berjumlah 1.106 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien cedera kepala di Ruang Trauma Center.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan diruang Trauma Center RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2019 sampai bulan Juni 2020. Asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 2 Maret sampai dengan 6 Maret 2020. Populasi berjumlah 4 orang, dengan 1 orang sampel sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.
Hasil penelitian didapatkan data pasien mengeluh sakit kepala, pusing, nyeri pada bahu kiri, nyeri dibagian dada dan mata kanan sulit dibuka karena robekan dikelopak mata. Masalah keperawatan yang muncul yaitu nyeri akut, risiko perfusi serebral tidak efektif, gangguan integritas kulit/jaringan dan resiko infeksi. Intervensi yang telah dilakukan antara lain manajemen nyeri, terapi relaksasi, manajemen peningkatan intrakranial, pemantauan neurologis, perawatan integritas kulit, perawatan luka, pencegahan infeksi dan edukasi pencegahan infeksi. Hasil evaluasi selama 5 hari dalam bentuk SOAP, masalah keperawatan yang teratasi pada partisipan yaitu nyeri akut pada hari kelima dan risiko perfusi serebral tidak efektif, gangguan integritas kulit/jaringan dan resiko infeksi teratasi sebagian pada hari kelima.
Melalui pimpinan RSUP Dr. M. Djamil Padang khususnya perawat ruangan agar lebih sering menggunakan teknik relaksasi napas dalam untuk mengatasi nyeri disetiap pemberian asuhan keperawatan pada pasien cedera kepala.
Kata Kunci: Cedera Kepala, Teknik Napas Dalam dan Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 30 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2015015 Ani AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
015 Ani A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 102 hlm.: 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this