Image of Asuhan Keperawatan Pada Ny. K Hamil Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Kota Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada Ny. K Hamil Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ambacang Kota Padang



Faktor risiko hipertensi dalam kehamilan diantaranya umur ibu dibawah 20 tahun dan 35 tahun keatas, primigravida, keturunan, kelompok sosial ekonomi rendah, penyakit ginjal, riwayat hipertensi sebelum hamil, kegemukan, stress. Berdasarkan laporan bulanan kejadian hipertensi dalam kehamilan di Puskesmas Ambacang Kota Padang tahun 2020 adalah 11 orang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Ambacang Kota Padang.

Desain peneliti deskriptif dengan bentuk studi kasus. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesma Ambacang Kota Padang. Waktu melakukan Asuhn Keperawatan pada tanggal 24 Maret-03April 2020. Populasi sebanyak 6 orang Ibu Hamil dengan Hipertensi, sampel diambil sebanyak 1 satu partisipan menggunakan teknik purposive sampling yang memenuh kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis dilakukan dengan menganalisa semua temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan teori dan penelitian terdahulu.

Hasil penelitian pada Ny. K dengan keluhan utama mersa cemas dengan status kesehatannya sekarang. Diagnosis keperawatan utama yaitu ansietas berhubungan dengan krisis situasional. Rencana keperawatan Terapi Relaksasi. Implementasi keperawatan yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan yang menenangkan, menganjurkan melakukan aktivitas yang lain untuk mengurangi tekanan, mengajarkan dan menganjurkan teknik nafas dalam, menjelaskan dan manfaat relaksasi, menganjurkan melakukan teknik relaksasi, menganjurkan teknik mengalihkan perhatian seperti menonton tv, mendengarkan musik, dan membaca al-qur’an untuk mengurangi kecemasan. Masalah teratasi teratasi pada kunjungan ketiga diapatkan tampak sudah tidak cemas lagi, sudah rileks, terlihat mengerti cara teknik relaksasi nafas dalam secara mandiri.

Penelitian yang dilakukan selama 6 kali kunjungan ini menunjukkan masalah ansietas teratasi. Melalu penelitian ini diharapkan menjadi tambahan informasi dalam pengembangan program Puskesmas Ambacang untuk mendapatkan mutu pelayanan kepada ibu hamil dengan hipertensi.

Kata Kunci : Hipertensi dalam kehamilan, Asuhan keperawatan
Daftar pustaka : 27 ( 2009-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2009009 Ind AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
009 Ind A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 77 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this