Image of Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Sindrom Nefrotik Di Ruang HCU Irna Kebidanan Dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Tahun 2020

Text

Asuhan Keperawatan Pada Anak Dengan Sindrom Nefrotik Di Ruang HCU Irna Kebidanan Dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Tahun 2020



Sindrom Nefrotik merupakan keadaan klinis yang disebabkan pleh kerusakan glomerulus. Angka kejadian Sindrom Nefrotik di Dunia berkisar antara 2–7per 100.000 anak yang berusia 18 tahun. Berdasarkan data yang di dapatkan di rekam medik RSUP Dr. M. Djamil Padang terjadi penurunan jumlah pasien Sindrom Nefrotik dari tahun 2017 hingga tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan anak dengan Sindrom Nefrotik diruang HCU IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang.
Penelitian di lakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang tanggal 20 Maret – 25 Maret 2020. Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 orang anak, sampel diambil sebanyak 1 orang pasien sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran dan studi dokumentasi. Analisa data dengan menbandingkan hasil asuhan keperawatan dengan teori dan penelitian sebelumnya.
Hasil pengkajian, pada An. M di temukan edema hampir seluruh tubuh, urine 9cc , dan peningkatan tekanan darah. Diagnosis keperawatan utama yaitu hypervolemia berhubungan dengan kelebihan cairan. Rencana keperawatan yang dilakukan manajemen hipervolemi. Implementasi yang dilakukan adalah periksa intake dan output anak dan memberikan terapi intravena. Masalah teratasi pada hari kelima pada An. M urine An. M sudah 13cc.
Diharapkan perawat HCU IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M. Djamil padang untuk dapat memantau status hipervolemia dan tanda vital pasien secara berkala untuk menghindari resiko edama.

Kata Kunci : Sindrom Nefrotik, Anak, Asuhan Keperawatan
Daftar Bacaan : 14 (2009 – 2017)


Ketersediaan

KTIKP.2021021 Ars AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
021 Ars A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this