Image of Asuhan Keperawatan Pada An. J Dengan Anemia Di Ruang Kronik IRNA Kebidanan Dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan Pada An. J Dengan Anemia Di Ruang Kronik IRNA Kebidanan Dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang



Anemia merupakan kondisi rendahnya kadar hemoglobin, jumlah sel darah merah dari nilai normal. Di Indonesia prevalensi anemia pada anak usia 5 – 12 tahun yaitu sebesar 29,4%. Di RSUP Dr. M. Djamil Padang kasus anemia pada anak pada tahun 2019 ada 70 kasus. Anemia apabila tidak di atasi dengan segera dapat menyebabkan kegagalan pada jantung. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada anak dengan anemia di ruang IRNA Kebidanan dan Anak RSUP. Dr.M. Djamil Padang.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dilakukan di ruang IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2019 sampai dengan Juni 2020, dilaksanakan selama 5 hari. Populasi saat penelitian ada 2 orang pasien lalu diambil 1 partsipan yang sesuai kriteria inklusi dengan teknik purposive sampling. Cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, pengukuran, studi dokumentasi. Analisa data membandingkan hasil asuhan keperawatan dengan teori dan penelitian sebelumnya.
Hasil pengkajian didapatkan, konjungtiva anemis, CRT > 3 detik, nafas sesak, pernafasan 31 kali permenit, ada retraksi dinding dada, data hasil labor kadar Hb 9,4 g/dL. Diagnosa keperawatan utama pada An.J adalah pola nafas tidak efektif. Intervensi keperawatan yang peneliti rencanakan yaitu manajemen jalan nafas, perawatan sirkulasi, transfusi darah. Evaluasi didapatkan penurunan penggunaan otot bantu nafas, frekuensi pernafasan normal 22 kali permenit.
Diharapkan kepada perawat ruangan agar lebih memperhatikan tindakan aseptik terhadap pemberian transfusi darah pada anak dengan anemia untuk mengurangi resiko infeksi pada anak.

Kata kunci: Anemia, Anak, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 17 (2009 – 2019)


Ketersediaan

KTIKP.2019019 Roz AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
019 Roz A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 77 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this