Image of Penerapan Latihan Senam Kaki Diabetes Pada Pasien DM Tipe 2 Di Ruang Penyakit Dalam RSUD Dr. Rasidin Padang

Text

Penerapan Latihan Senam Kaki Diabetes Pada Pasien DM Tipe 2 Di Ruang Penyakit Dalam RSUD Dr. Rasidin Padang



Diabetes melitus tipe 2 merupakan kasus terbanyak dengan prevalensi 90 % - 95 %. Diabetes melitus yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan komplikasi. Berdasarkan WHO (2015), DM dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga dengan prevalensi 6,7 % di Dunia . Kasus DM tipe 2 di RSUD dr. Rasidin Padang dalam 2 bulan terakhir tahun 2020 yaitu 106 kasus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan latihan senam kaki diabetes pada pasien DM tipe 2 di RSUD dr. Rasidin Padang.

Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dilakukan mulai bulan Desember 2019 sampai bulan Mei 2020 di ruang penyakit dalam RSUD dr. Rasidin Kota Padang. Populasi didapatkan 8 orang dengan 1 sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dimulai dari wawancara, pemeriksaan fisik, observasi dan studi dokumentasi. Asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 2 Maret - 6 Maret 2020.

Hasil penelitian di dapatkan keluhan pasien mengeluh pusing, sakit kepala, badan lemas, sulit tidur, mual, tidak nafsu makan, sering haus, BAK, kaki kebas dan kram otot. Diagnosa keperawatan yang muncul ketidakstabilan kadar glukosa darah b/d resistensi insulin, resiko perfusi perifer tidak efektif b/d hiperglikemia, keletihan b/d kondisi fisiologis, gangguan rasa nyaman b/d gejala penyakit dan defisit pengetahuan b/d kurang terpapar informasi. Tindakan keperawatan yang diberikan yaitu manajemen hiperglikemia, latihan senam kaki diabetes, manajemen sensasi perifer, perawatan kaki, manajemen energi, terapi relaksasi otot progresif, terapi relaksasi dan edukasi kesehatan tentang DM.

Hasil analisa peneliti, terdapat perubahan kadar glukosa darah pasien setelah latihan senam kaki diabetes. Latihan senam kaki diabetes dilakukan selama 5 hari dengan evaluasi pasien mengatakan kaki kebas dan kram otot berkurang dan terdapat perubahan kadar glukosa darah sewaktu pasien yang awalnya 250 mg/dL pada hari ke 1 menjadi 186 mg/dL pada hari ke 5. Peneliti berharap perawat dapat menerapkan latihan senam kaki diabetes dalam pencegahan terjadinya komplikasi pada pasien DM tipe 2.

Kata Kunci : DM Tipe 2, Latihan Senam Kaki diabetes
Daftar Pustaka : 36 (2010 – 2019)


Ketersediaan

KTIKP.2016016 Fad PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
016 Fad P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 89 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this