Image of Asuhan Keperawatan pada Pasien ST Elevasi Miokard Infark (STEMI) di Ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang

Text

Asuhan Keperawatan pada Pasien ST Elevasi Miokard Infark (STEMI) di Ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang



STEMI merupakan indikator kejadian oklusi total pembuluh darah arteri koroner yang ditandai dengan elevasi segmen ST 2 sadapan yang bersebelahan dan meningkatnya enzim jantung seperti troponim I/T dan CKMB. Ada 32,4 juta kasus miokard infark didunia, pervalensi STEMI mencapai 25 % - 40%. Di ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang didapatkan data STEMI dari bulan Oktober hingga Desember 2019 berjumlah sebanyak 82 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien STEMI di ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2019 sampai Juni 2020. Waktu untuk melakukan Asuhan Keperawatan selama 5 hari yaitu tanggal 11-15 Maret 2020. Populasi berjumlah 4 orang, dengan 1 orang sampel sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi.

Hasil pengkajian didapatkan keluhan nyeri dada sebelah kiri, nyeri menjalar ke pungung dan lengan sebelah kiri, nyeri terasa seperti terhimpit beban berat, skala nyeri 5, nyeri tidak hilang dengan istirahat, lama nyeri lebih kurang 10 menit, nyeri disertai dengan sesak nafas. Masalah keperawatan yang ditemukan pada partisipan adalah nyeri akut, resiko penurunan curah jantung, dan intoleransi aktivitas. Pada perencanaan keperawatan peneliti merencanakan tindakan yaitu manajemen nyeri, manajemen jalan nafas dengan terapi relaksasi nafas dalam, pemberian obat, perawatan jantung, monitor tanda-tanda vital, dan manajemen energi. Hasil evaluasi selama 5 hari dalam bentuk SOAP, semua masalah yang didapat teratasi sebagian pada hari ke lima.

Diharapkan kepada perawat ruangan agar dapat lebih sering menggunakan teknik relaksasi nafas dalam untuk membantu pasien dalam mengatasi masalah Nyeri di setiap memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan STEMI.

Kata kunci: STEMI, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 25 (2010-2019)


Ketersediaan

KTIKP.2014014 Chy AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
014 Chy A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 84 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this