No image available for this title

Text

Mutu Organoleptik dan Kadar Serat Puding Suplementasi Jambu Biji



Radiah Putri, 142110145

Mutu Organoleptik dan Kadar Serat Puding Suplementasi Jambu Biji

+48 halaman,8 tabel,8 lampiran
ABSTRAK
Puding adalah makanan pencuci mulut sekaligus camilan yang disukai banyak orang. untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang. Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Pemanfaatan jambu biji dalam pembuatan puding ini di sebut juga dengan nutrifikasi karena untuk meningkatkan konsumsi zat gizi tertentu oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rata-rata daya terima terhadap mutu organoleptik dan kadar serat puding.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 1 kontrol 3 perlakuan, dengan 2 kali pengulangan. Pengamatan dilakukan secara subjektif yaitu penilaian terhadap mutu organoleptik dengan uji hedonik dan objektif yaitu penentuan kadar serat puding. Uji kadar serat dilakukan dengan cara menggunakan Nutrisurvey. Data yang diperoleh di analisa dengan sidik ragam dan jika ada perlakuan berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT dengan taraf 5%.
Hasil uji organoleptik didapatkan kecenderungan meningkatnya nilai kesukaan panelis terhadap warna(2,96-3,28),aroma(2,62-3,32),tekstur(2,76-3,9) dan rasa(3,12-3,96) dari puding yang dihasilkan. Hasil terbaik dari suplementasi jambu biji terhadap warna, aroma, tekstur dan rasa yaitu pada perlakuan C (20:55) dengan nilai daya terima rata-rata 3,31, dengan kadar serat 3,4 gr.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa perlakuan terbaik berada pada perlakuan C dengan tingkat kesukaan panelis berada dalam kategori suka. Disarankan pada penelitian selanjutnya untuk menggunakan puding jambu biji sebagai salah satu alternatif snack untuk pencegahan penyakit degeneratif.

Kata kunci : puding, jambu biji.
Daftar pustaka : 19 ( 1992–2017 )


Ketersediaan

KTIGZ.1875075 Rad MKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
075 Rad M
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 64 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this