No image available for this title

Text

Hubungan Pola AsupanPurin Dengan Kejadian Penyakit Arthritis Gout Pada Pasien Arthritis Gout Di Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang Tahun 2018



Nia Noverizka Putri

Hubungan Pola AsupanPurin Dengan Kejadian Penyakit Arthritis Gout Pada Pasien Arthritis Gout Di Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang Tahun 2018

vi + 47 halaman , 12 tabel , 9 lampiran

ABSTRAK

Meningkatnya jumlah prevalensi penyakit asam urat yang terus meningkat pada kalangan dewasa baik itu laki- laki maupun perempuan. Keberadaan penyakit mempengaruhi kondisi kesehatan fisik seseorang yang merupakan salah satu aspek yang menentukan kualitas hidup seseorang. Salah satu penyakit yang terus meningkat adalah asam urat, yang ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat. Meningkatnya kadar asam urat dipengaruhi oleh asupan makanan tinggi purin. Jumlah penderita asam urat di Puskesmas Lubuk Kilangan, Padang tahun 2016 sebanyak 1042 penderita, dimana penderita laki- laki berjumlah 239 orang dan perempuan berjumlah 803 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asupan purin pasien arthritis gout dan tidak arthritis gout di Puskesmas Lubuk Kilangan, Kota Padang Tahun 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain Cross Sectional Study Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah responden 48 orang responden. Asupan purin dihitung berdasarkan tabel pengelompokan bahan makanan berdasarkan kadar purin (SQ-FFQ). Data diolah secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 48 sampel, di didapatkan sebanyak 34 orang (70,8%) kadar arthritis gout pasien tinggi dan 14 orang (29,2%) kadar arthritis gout pasien sangat tinggi. Responden yang jumlah asupan purin/harinya tinggi sebanyak 17 responden (35,4%) dan yang jumlah asupan purin/harinya normal sebanyak 31 responden (64,6%). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi asupan purin dengan kadar arthritis gout di Puskesmas Lubuk Kilangan. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jumlah asupan purin dengan kadar arthritis gout di Puskesmas Lubuk Kilangan.

Saran dari penelitian ini diharapkan memperhatikan pola asupan purin bagi responden yang menderita arthritis gout.

Kata Kunci : Pola Asupan Purin
Daftar Pustaka : 2007 - 2017


Ketersediaan

KTIGZ.1874074 Nia HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
074 Nia H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 68 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this