No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang



Muhammad Rahman Rahim
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN DIABETES MELITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG
Xiii + 92 halaman, 3 tabel, 1 gambar, 18 lampiran
ABSTRAK
Diabetes merupakan salah satu dari berbagai penyakit yang mengancam hidup banyak orang. Laporan statistik dari International Diabetes Federation (IDF) mengatakan, ada sekitar 230 juta penderita diabetes di dunia. Data dari laporan tahunan dinas Kesehatan Kota Padang (DKK) tahun 2017 menyebutkan, jumlah kasus pasien diabetes melitus di puskesmas yang berada di wilayah kota padang di dapatkan sebanyak 2.470 kasus. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan penerapan asuhan keperawatan keluarga dengan diabetes melitus antara 2 responden dengan teori dan penelitian sebelumnya yang dilakukan di wilayah kerja puskesmas naggalo padang 2018.
Desain penelitian adalah deskriptif dengan populasi 405 orang kunjungan diabetes melitus pada usia pertengahan dengan sampel 2 responden, yaitu Ny.K sebagai partisipan I dan Ny.A sebagai partisipan II.
Hasil pengkajian didapatkan tiga diagnosa keperawatan keluarga yang sama antara partisipan I dan dengan partisipan II, yaitu resiko ketidakstabilan gula darah, defisit pengetahuan mengenai diit diabetes melitus dan resiko komplikasi. Setelah itu dilakukan skoring untuk menentukan masalah diagnosa yang menjadi prioritas masalah. Setelah itu merumuskan intervensi sesuai 5 TUK dan melakukan implementasi lalu didapatkan evaluasi keperawatan dan melakukan dokumentasi.
Melalui pimpinan Puskesmas Nanggalo Padang studi kasus ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam mengembangkan progam puskesmas di keluarga dengan diabetes melitus seperti pelayanan kesehatan sesuai rencana, memantau keteraturan gula darah dan berobat dengan pengobatan jangka panjang serta pemberian asuhan keperawatan dirumah.
Kata kunci : Diabetes melitus, asuhan keperawatan keluarga
Daftar Pustaka : 25 (2007-2017)


Ketersediaan

KTIKP.18110110 Muh AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
110 Muh A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 114 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this