No image available for this title

Text

Aplikasi Spasial Sebaran Sarang Nyamuk Dan Upaya 3M Terhadap Angka Bebas Jentik (ABJ) Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2019



VIVIN SRI WAHYUNINGSIH, 151210705

Aplikasi Spasial Sebaran Sarang Nyamuk Dan Upaya 3M Terhadap Angka Bebas Jentik (ABJ) Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Tahun 2019

ix + 79 Halaman + 22 Tabel + 14 Gambar + 5 Lampiran

ABSTRAK
Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Upaya 3M merupakan cara pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue. Keberhasilan kegiatan PSN melalui 3M Plus dapat diukur dengan Angka Bebas Jentik (ABJ). ABJ di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Sikaping adalah 79,3% masih bearada dibawah target Nasional yaitu ≥ 95%. Keberadaan jentik vektor DBD sangat tergantung dari keberadaan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti serta perilaku masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi spasial sebaran sarang nyamuk dan upaya 3M terhadap ABJ di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Sikaping tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain cross sectional serta menggunakan pendekatan GIS yang dilaksanakan bulan Februari – Juni. Sampel penelitian berjumlah 92 rumah dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Pusposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder dan data obeservasi langsung yang di analisis secara univariat dan spasial.
Hasil penelitian srcara spasial menunjukkan bahwa distribusi spasial ABJ di wilayah penelitian tidak memenuhi baku mutu yang ditandai dengan warna merah pada peta. Jenis kontainer paling banyak ditemukan terdapat di Nagari Pauh, untuk keberadaan jentik paling banyak ditemukan di Nagari Durian Tinggi. Sedangkan upaya 3M yang paling dilaksanakan di Nagari Pauh.
Penggunaan Sistem Informasi Geografis dapat membantu dalam menampilkan informasi yang banyak dengan jelas, menyajikan informasi sebaran kasus dan faktor risiko penularan DBD secara spasial melalui peta, serta dengan pendekatan spasial dapat diketahui wilayah-wilayah yang rentan terhadap penyakit DBD.
Kata Kunci : Spasial, DBD, Sebaran Sarang Nyamuk, 3M, ABJ
Daftar Bacaan : 27 (2007-2018)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1933033 Viv ASKRIPSI (Skripsi)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Viv A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 84 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this