No image available for this title

Text

Aplikasi Spasial Faktor Risiko Penularan Penyakit ISPA Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sundatar Kabupaten Pasaman Tahun 2019



Regita Cahyani 151210691

Aplikasi Spasial Faktor Risiko Penularan Penyakit ISPA Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sundatar Kabupaten Pasaman Tahun 2019
viii + 70 halaman + 8 tabel + 11 gambar + 6 lampiran

ABSTRAK
ISPA menjadi penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular di dunia. Risiko penularan ISPA dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti kualitas udara dalam rumah, kondisi fisik rumah dan kepadatan hunian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi spasial faktor risiko penularan penyakit ISPA di wilayah kerja Puskesmas Sundatar Kabupaten Pasaman tahun 2019.
Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan permodelan sistem Informasi Geografis. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Sundatar dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 61 orang.
Hasil penelitian aplikasi spasial faktor risiko penularan penyakit ISPA diwilayah kerja Puskesmas Sundatar tertinggi di nagari Sei Pindahan dengan bobot tinggi yang ditandai warna merah pada peta. Menjadikan nagari Sei Pindahan sebagai nagari paling beresiko di wilayah kerja Puskesmas Sundatar.
Luas ventilasi dan kepadatan hunian berpengaruh terhadap kualitas udara dalam rumah seperti kelembaban dalam rumah dan pencahayaan sehingga masyarakat perlu menjaga kualitas udara didalam rumah dan untuk puskesmas lebih aktif untuk melaksanakan upaya penemuan penderita secara dini dan sosialisasi tentang penyakit ISPA.

Kata Kunci : ISPA, Faktor Risiko, Spasial
Daftar Bacaan : 20 (1999 - 2018)


Ketersediaan

SKRIPSIKL.1920020 Reg ASKRIPSI (Skripsi)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
020 Reg A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 95 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this