No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Defisit Perawatan Diri Di Rumah Sakit Jiwa Prof. Hb. Saanin Padang Tahun 2019



Fajriatul Rizka
“Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Defisit Perawatan Diri di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang tahun 2019”
X+ 63 Halaman, 2 Gambar, 8 Lampiran
ABSTRAK
Jumlah kunjungan rawat jalan, rawat inap di sarana pelayanan kesehatan Kota Padang tahun 2017 di dapatkan kunjungan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang dengan klien rawat jalan laki-laki dan perempuan sebanyak 46.940 jiwa, kunjungan rawat inap laki-laki dan perempuan sebanyak 2.350 jiwa. Tujuan penelitian adalah untuk melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan defisit perawatan diri di Ruang Dahlia Rumah Sakit Jiwa HB. Saanin Padang Tahun 2019.
Desain penelitian yaitu studi kasus dalam bentuk deskriptif. Waktu penelitian tanggal 11-20 Februari 2019 di Ruangan Dahlia RSJ Prof HB Saanin Padang. Populasiadalah 22 orang pasien skizofrenia defisit perawatan diri dan sampel yang diambil adalah 1 orang pasien yang berada di Ruang Dahlia RSJ Prof HB Saanin Padang dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah format pengkajian sampai evaluasi keperawatan jiwa. Cara pengumpulan data dimulai dari wawancara, pengukuran, observasi dan studi dokumentasi. Analisa yang dilakukan meliputi menganalisis semua tahapan proses keperawatan jiwa dibandingkan dengan dan teori.

Hasil penelitian berdasarkan pengkajian didapatkan Tn. P mendengar suara-suara yang menyuruh jauhi sholat serta untuk tidak melakukan aktivitas, mondar-mandir, malu dengan kondisi badannya, dan terdapat penyakit kulit dibagian wajah dan belakang telinga. Diagnosa keperawatan jiwa yang didapatkan yaitu, defisit perawatan diri, harga diri rendah, halusinasi serta kerusakan integritas kulit. Intervensi keperawatan jiwa yang dilaksanakan sudah terstandar dan intervensi untuk kerusakan integritas kulit yaitu pemberian salap ketakonazole, semua rencana tindakan keperawatan jiwa dapat dilaksanakan pada implementasi dan evaluasi keperawatan.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran dalam pemberian asuhan keperawatan khususnya pada pasien dengan defisit perawatan diri bahwa tidak hanya pada diagnosa keperawatan diri saja tetapi harus memperhatikan diagnosa penyerta seperti kerusakan integritas kulit.

Kata Kunci (Key Word) : Defisit Perawatan Diri, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 23 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1933033 Faj AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Faj A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 73 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this