No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ruang Merpati RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019



Fadiah Rilwahyuni

Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Ruang Merpati RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019

Isi: xiii + 65 Halaman + 1 bagan + 1 tabel + 13 Lampiran

ABSTRAK
Demam Berdarah Dengue (DBD) pada anak merupakan penyakit infeksi tropis berisiko tinggi yang dapat mengakibatkan kematian. Rata-rata DBD pada anak di ruang Merpati RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang mencapai 20 orang per bulan (2018), berdasarkan wawancara dengan 2 pasien mengeluhkan suhu tubuh panas, mual muntah, sakit kepala dan nyeri pada ulu hati. Tujuan penelitian mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien anak dengan DBD di ruang Merpati RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang pada tahun 2019.

Desain penelitian adalah studi kasus. Tempat penelitian di ruang Merpati. Populasi pasien anak dengan DBD sebanyak 1 orang yang dijadikan partisipan. Instrumen penelitian format pengkajian anak dan alat pemeriksaan fisik. Cara pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang telah didapatkan akan dinarasikan dan dibandingkan dengan teori sesuai dengan proses keperawatan.

Hasil penelitian yang didapatkan keluhan utama pada anak yaitu demam dengan suhu > 38,2oC, mual dan muntah 1-2x/hari nyeri pada ulu hati, ada petekie di ekstremitas atas kanan. Diagnosa yang ditemukan yaitu kekurangan volume cairan, hipertermi, nyeri akut. Implementasi keperawatan yang dilakukan yaitu manajemen cairan, monitor cairan, perawatan demam dan manajemen nyeri. Hasil evaluasi keperawatan didapatkan masalah cairan teratasi sebagian, suhu tubuh kembali normal, nyeri teratasi sebagian.

Melalui direktur RS TK III Dr. Reksodiwiryo Padang agar perawat ruangan dapat melanjutkan tindakan memonitor cairan intake dan output, tanda-tanda vital suhu, nadi, pernapasan dan tekanan darah, dan mengurangi nyeri dengan teknik relaksasi secara kontiniu.

Kata kunci: Demam Berdarah Dengue (DBD), Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 28 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1932032 Fad AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
032 Fad A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 80 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this