No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Pasien STEMI di Ruang CVCU RSUP DR. M. Djamil Padang



Enika Sintia

“Asuhan Keperawatan pada Pasien STEMI di Ruang CVCU RSUP DR. M. Djamil Padang”
xii + 72 Halaman, 1 Gambar, 12 Lampiran

ABSTRAK
Infark miokard akut dengan elevasi segmen ST, merupakan indikator kejadian oklusi total pembuluh darah arteri koroner. Ada 32,4 juta kasus miokard infark didunia, pervalensi STEMI (25 %-40% ). Di ruang CVCU RSUP Dr M. Djamil Padang didapatkan data STEMIPada tahun 2014 STEMI terjadi sebanyak 408 kasus, tahun 2015 sebanyak 31 kasus, tahun 2016 sebanyak 228 kasus, tahun 2017 sebanyak 817 kasus.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien STEMI di ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu berupa asuhan keperawatan pada klien dengan bentuk rancangan penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien STEMI yang dirawat di ruang CVCU RSUP DR. M. Djamil Padang. Sampel penelitian ini adalah salaah satu pasien STEMI yang ada di Ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Waktu penelitian dilakukan bulan November 2018 – Juni 2019.

Hasil pengkajian pada pasien dengan STEMI di dapatkan pasien mengalami nyeri dada sebelah kiri, seperti tertusuk-tusuk pisau, sesak nafas, batuk dan hasil perekaman EKG nya didapatkan segmen ST-Elevasi di lead III,V1,V2,V3,V4. Masalah keperawatan ditemukan pada partisipan adalah nyeri akut, resiko penurunan curah jantung, gangguan pertukaran gas, intoleran aktifitas.

Hasil evaluasi didapatkan tidak semua masalah teratasi. Kesimpulan penelitian ini adalah tercapainya semua aspek tahapan keperawatan yang merupakan tujuan penelitian. Melalui direktur RSUP.DR.M.Djamil diharapkan dapat menerapkan teknik nafas dalam untuk menghilangkan nyeri pada pasien STEMI.

Kata kunci: STEMI, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka: 17 (2012-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1931031 Eni AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
031 Eni A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 85 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this