No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Pasien Mioma Uteri di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Elvira Sundari

Asuhan Keperawatan pada Pasien Mioma Uteri di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019

Isi : xiii + 92 halaman + 2 tabel + 13 lampiran

ABSTRAK

Mioma uteri merupakan neoplasma jinak yang biasanya penderita mengeluhkan perdarahan yang abnormal yang dapat menyebabkan anemia hingga gagal jantung diserta nyeri dan gangguan BAK dan BAB. Data rekam medik RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017 diperoleh penderita mioma uteri yang rawat inap dan rawat jalan total sebanyak 332 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien mioma uteri.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus dilakukan di Ruang Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang mulai dari tanggal 13 Maret 2019 sampai dengan 18 Maret 2019. Sampel diambil sebanyak 1 orang dengan minimal 5 hari rawatandengan teknikpurposive sampling. Penelitian dimulai dari pengkajian, penegakan diagnosa, merencanakan tindakan, implementasi sampai mengevaluasi hasil tindakan yang dinarasikan dan dibandingkan dengan teori asuhan keperawatan dengan kasus mioma uteri.

Hasil penelitian pasien mioma uteri post laparatomi-histerektomi didapatkan keluhan saat dikaji adalah nyeri, immobilisasi serta gangguan citra tubuh. Diagnosa keperawatan yang diangkat peneliti yaitu nyeri akut, kerusakan integritas jaringan, hambatan mobilitas fisik dan gangguan citra tubuh. Diagnosa keperawatan utama adalah nyeri akut berhubungan dengan agen cidera fisik dilakukan implementasi manajemen nyeri dengan teknik relaksasi napas dalam, hasilnya nyeri berkurang (skala 3).

Bagi institusi pelayanan kesehatan RSUP. Dr. M. Djamil Padang diharapkan mempertahankan dan meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya manajemen nyeri, perawatan luka, ambulasi serta terapi peningkatan citra tubuh bagi pasien post op mioma uteri.

Kata Kunci : Mioma Uteri, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 2004-2017


Ketersediaan

KTIKP.1930030 Elv AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
030 Elv A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 107 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this