No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Chronic Kidney Desease Di IRNA-C Non Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Faras Fajri

“Asuhan Keperawatan Pada Pasien Chronic Kidney Desease Di IRNA-C Non Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019”

Isi : xiii + 79 Halaman + 9 Tabel + 12 Lampiran

ABSTRAK
Menurut World Health Organization (WHO) penyakit Chronic Kidney Desease berkontribusi pada beban penyakit dunia dengan angka kematian 850.000 jiwa per tahun. Di Indonesia angka pasien yang menjalani hemodialisis semakin meningkat. Pada tahun 2015 tercatat 30.554 pasien, sedangkan pada tahun 2016 meningkat menjadi 52.835 pasien (Indonesian Renal Registry, 2016). Di RSUP. Dr. M. Djamil Padang angka kejadian CKD meningkat dalam 3 tahun terakhir. Di rawat inap tahun 2015 berjumlah 466 orang, meningkat pada tahun 2016 sebanyak 586 orang. Dan pada tahun 2017 meningkat 189% menjadi 1112 orang (Medical Record). Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan medikal bedah pada pasien Chronic Kidney Desease di IRNA-C Non Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di IRNA-C Non Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang dari November sampai Juni 2019. Populasi penelitian ini berjumlah 8 orang, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling hingga tinggal 1 orang sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis dilakukan dengan menganalisa semua temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan teori dan penelitian terdahulu.
Hasil penelitian didapatkan pasien pengeluaran urine sedikit, nafas sesak, mual muntah, badan lemah, kulit kering dan edema. Diagnosis keperawatan kelebihan volume cairan, ketidakefektifan perfusi jaringan perifer, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, intoleransi aktivitas. Intervensi dua dari empat diagnosa keperawatan tidak tercapai dan dilanjutkan oleh perawat ruangan.
Diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan berupa tindakan keperawatan, dengan memberikan asuhan keperawatan berupa penyuluhan tentang Chronic Kidney Desease terhadap pasien dan keluarga pasien.

Kata Kunci : Chronic Kidney Desease, Hemodialisa
Daftar Pustaka : 22 (2011-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1935035 Far AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
035 Far A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 100 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this