No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Nyeri Pada Pasien dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Ruang Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Hany Riani Syofia
“Asuhan Keperawatan Nyeri Pada Pasien dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Ruang Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019”
Isi: xiii + 71 halaman, 3 tabel, 1 gambar, 13 lampiran
ABSTRAK
Berdasarkan Data Rekam Medis RSUP DR. M. Djamil Padang pada tahun 2018, CHF termasuk 15 penyakit terbanyak rawat inap yaitu sebanyak 100 pasien. Pasien CHF mengeluh nyeri dada sehingga jika tidak ditangani lebih lanjut bisa menimbulkan gangguan fisiologis dan psikologis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan nyeri pada pasien dengan Congestive Heart Failure (CHF) di Ruang Penyakit Dalam Pria RSUP DR. M. Djamil Padang 2019.

Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dalam bentuk studi kasus. Tempat penelitian di Ruang Penyakit Dalam Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang dan waktu penelitian dimulai dari bulan September 2018 sampai Juni 2019. Populasi dari penelitian semua pasien Congestive Heart Failure (CHF) dengan keluhan nyeri yang berada di Ruang Penyakit Dalam Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi dengan metode simple random sampling.
Hasil pengkajian didapatkan pasien Congestive Heart Failure (CHF) mengeluh nyeri dada menjalar ke punggung, dada terasa berat, nyeri hilang timbul dan bertambah berat saat beraktivitas. Diagnosa yang diangkat nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisiologis. Intervensi keperawatan sesuai NANDA NIC-NOC, dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan, peneliti juga mengajarkan teknik nafas dalam dan teknik guide imaginary sebagai intervensi tambahan.
Disarankan melalui pimpinan RS dapat memotivasi perawat agar mengoptimalkan pemberian pelayanan kepada pasien di ruangan dan menerapkan intervensi teknik nafas dalam dan teknik guide imaginary dalam mengatasi nyeri pada pasien dengan CHF.
Kata Kunci : Nyeri, Congestive Heart Failure (CHF), Asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 24 (2009-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1941041 Han AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
041 Han A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 88 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this