No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Ibu Hamil Dengan Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Padang Tahun 2019



Habibullah Rizki

Asuhan Keperawatan pada Ibu Hamil Dengan Anemia Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Padang Tahun 2019

Isi : x + 65 halaman + 1 tabel + 13 lampiran

ABSTRAK

Anemia dalam kehamilan akan berakibat buruk pada ibu dan janin yang dikandungnya, seperti abortus, pendarahan, BBLR, kelahiran prematur, cacat bawaan, dan kematian janin. Perevalensi Ibu hamil di dunia menurut WHO 2014 sebesar 38% , Riskesdas 2018 di indonesia 48,9%, Dinkes Sumbar 17,7% tahun 2017, di Kota Padang 7,1% dengan 1.308 ibu hamil dengan anemia, dengan kejadian tertinggi di Puskesmas Anak Air Padang 27,9%. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan asuhan keperawatan pada ibu hamil dengan anemia di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Padang.

Desain penelitian yang digunakan deskriptif dalam bentuk studi kasus. Penelitian dilakukan dari November 2018 sampai Mei 2019. Waktu kunjungan selama 2 minggu dengan 5 kali kunjungan dengan 1 orang responden dari 13 orang popilasi yang didapatkan secara purposive sampling .Analisa penelitian dilakukan dari pengkajian sampai evaluasi dan membandingkan dengan penelitian orang lain serta teori.

Pengkajian didapatkan responden mengeluh mudah lelah dan letih, sering merasa pusing, tampak pucat dan konjungtiva anemis. Diagnosa keperawatan berdasarkan keluhan utama yaitu resiko pendarahan berhubungan dengan penurunan kadar Hb, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan kurangnya asupan dan faktor ekonomi, defesiensi pengetahuan berhubungan dengan kurangnya sumber pengetahuan tentang anemia pada kehamilan, keletihan berhubungan dengan kelesuhan fisiologis. Intervensi disusun sesuai dengan diagnosa, implementasi pemberian tablet Fe, tablet Vit.C, jeruk, menganjurkan makanan yang mengandung Vit. Kdan melibatkan kelurga sebagai PMO tablet Fe, hasil evaluasi terjadi peningkatan kadar Hb klien dari 8,1 g/dl menjadi 9,8 g/dl.

Diharapkan kepada pihak puskesmas Anak Air Padang dapat mendukung kesembuhan pasien, dengan penyuluhan dan melakukan kunjungan rumah untuk memantau ibu hamil dengan anemia secara rutin.

Kata kunci: Anemia, Asuhan Keperawatan, Ibu Hamil
Daftar Pustaka : 40 (2009-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1940040 Hab AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
040 Hab A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 89 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this