No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Tn. M dengan Post Orif Ec Fraktur Femur di Ruang Trauma Center Irna Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Gemynal Kurnia Antoni

“Asuhan Keperawatan pada Tn. M dengan Post Orif Ec Fraktur Femur di Ruang Trauma Center Irna Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019 “

Isi : xiii + 72 halaman, 1 gambar, 6 tabel, 9 lampiran

ABSTRAK
Fraktur femur adalah rusaknya kontinuitas tulang pangkal paha yang dapat terjadi akibat trauma langsung maupun trauma yang tidak langsung (Krisanty,dkk, 2014). Indonesia menduduki peringkat ke delapan di Asia Tenggara dengan fraktur akibat kecelakaan lalulintas dengan angka sebanyak 15,3%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien dengan fraktur femur di ruang irna bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2019.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2018 sampai bulan Mei 2019. Peneliti melakukan asuhan keperawatan pada tanggal 12 sampai dengan 17 Maret 2019. Cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan.
Hasil penelitian didapatkan dengan keluhan utama nyeri pada bekas luka operasi di bagian paha kiri, dengan skala nyeri 7 terasa berdenyut-denyut, nyeri hilang timbul dan durasinya sekitar 5-10 menit. Diagnossa keperawatan didapatkan 3 masalah diantaranya nyeri akut, hambatan mobilitas fisik, dan resiko infeksi. Rencana Keperawatan berdasarkan NIC meliputi, tanfda-tanda vital, kontrol nyeri, manajemen nyeri, tingkatan nyeri, Latihann ambulasi. Tindakan keperawatan utama yang diberikan adalah manajemen nyeri, pemberian analgetik, monitor tanda-tanda vital, dan perawatan luka. Hasil evaluasi yang didapatkan berdasarkan NOC yang dilakukan selama 6 hari dimana masalah nyeri akut, hambatan mobilitas fisik, dan resiko infeksi teratasi pada hari ke 5.
Disarankan kepada pimpinan RSUP Dr. M. Djamil Padang agar diadakannya pelatihan berkala penyegaran asuhan keperawatan kepada perawat yang ada di ruamh sakit. Kepada perawat ruangan RSUP Dr. M. Djamil Padang dapat memberikan asuhan keperawatan yang optimal kepada pasienfraktur femur.
Kata Kunci : fraktur femur, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 22 (2010 – 2017)


Ketersediaan

KTIKP.1939039 Gem AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
039 Gem A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 88 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this