No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Lanjut Usia Dengan Gangguan Mobilisasi Di Pstw Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2019



Alfiandry

Asuhan Keperawatan Pada Lanjut Usia Dengan Gangguan Mobilisasi Di Pstw Sabai Nan Aluih Sicincin Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2019

XII + 56 halaman+1 gambar+4 tabel+13 lampiran

ABSTRAK

Gangguan mobilisasi pada lansia merupakan keadaan seseorang lansia tidak dapat bergerak secara bebas karena kondisi yang mengganggu pergerakan (aktivitas) yang dapat disebabkan oleh gangguan muskuloskletal, gangguan kardiovaskuler serta gangguan respirasi. Hasil survey awal yang dilakukan di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin pada tanggal 18 Desember 2018 terdapat 17 orang lansia yang mengalami gangguan mobilisasi yang berumur 60- 75 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada lansia dengan gangguan mobilisasi.

Jenis penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus. Penelitian dilakukan di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin dari bulan September 2018 sampai dengan Juni 2019. Populasi penelitian yaitu seluruh lansia yang mengalami gangguan mobilisasi yang berumur 60-75 tahun. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian asuhan keperawatan gerontik. Cara pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan pengukuran. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dan mengambil 1 lansia sesuai kriteria. Analisa data dilakukan dengan menganalisa semua data pada tahapan proses keperawatan dengan menggunakan konsep dan teori keperawatan.

Hasil penelitian didapatkan adalah keadaan seseorang tidak dapat bergerak secara bebas karena kondisi yang mengganggu pergerakan (aktivitas). Terdapat 3 Diagnosa keperawatan yng ditemui pada responden yaitu hambatan mobilitas fisik, resiko jatuh, dan nyeri akut. Intervensi keperawatan sesuai NANDA NIC-NOC sebagian besar dapat dilaksanakan pada implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan terhadap diagnosa keperawatan yang ditemukan sebagian dapat teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin dalam melakukan asuhan keperawatan dan memaksimalkan implemetasi yang dilaksanakan pada Lanjut Usia.

KataKunci : Gangguan mobilisasi, Lanjut usia, Asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 22 (2009-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1904004 Alf AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004 Alf A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this