No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Gangguan Konsep Diri: Harga Diri Rendah Di Ruang Dahlia Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang



Aisyah Yuriska Putri

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien Dengan Gangguan Konsep Diri: Harga Diri Rendah Di Ruang Dahlia Rumah Sakit Jiwa Prof HB Saanin Padang

Isi : xii + 77 Halaman + 15 Lampiran

ABSTRAK
Harga diri rendah adalah perasaan tidak berarti dan tidak berharga akibat evaluasi negatif terhadap diri yang berkepanjangan. Berdasarkan hasil survei di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Saanin Padang, terdapat sebanyak 7.231 orang pasien dengan harga diri rendah dan terdapat 47 orang di ruang dahlia dari bulan Agustus 2018 sampai November 2018. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan jiwa pada pasien dengan gangguan konsep diri: harga diri rendah di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Sa’anin Padang Tahun 2019.

Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di ruang Dahlia Rumah Sakit Prof. HB Saanin Padang selama 10 hari dengan populasi sebanyak 12 orang. Proses penyusunan dimulai pada tanggal 04 Februari 2019 sampai 15 Februari 2019. Analisis yang dilakukan yaitu mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, dan evaluasi keperawatan yang dibandingkan dengan penelitian orang lain serta teori yang ada.

Keluhan utama yang diperoleh dari hasil pengkajian yaitu klien mengatakan ia tidak berguna, tidak bisa melakukan apa-apa, malas untuk melakukan sesuatu, malas untuk berinteraksi dengan orang lain, klien tampak banyak bermenung, banyak diam, tampak sedih, kontak mata klien kurang, suara klien pelan dan lambat. Diagnosa keperawatan yang muncul yaitu harga diri rendah, ketidakefektifan pola koping, isolasi sosial, dan defisit perawatan diri. Rencana keperawatan direncanakan sesuai dengan kondisi klien saat itu dan implementasi yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Pada evaluasi keperawatan didapatkan semua diagnosa keperawatan teratasi.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi perawat di Ruang Dahlia Rumah Sakit Prof. HB Saanin Padang dalam melakukan asuhan keperawatan dan memaksimalkan implementasi yang dilakukan dengan lebih memotivasi klien untuk melakukan tindakan.

Kata Kunci (Key Word): Harga Diri Rendah, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka: 29 (2010-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1903003 Ais AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003 Ais A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 92 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this