No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Dan Tidur Pada Pasien TB paru di Ruang Paru RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2019



Agnesa Ramadani
Asuhan Keperawatan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Dan Tidur Pada Pasien TB paru di Ruang Paru RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2019
Isi: xi + 49 halaman, 1 tabel, 12 lampiran
ABSTRAK
Penyakit pernafasan seringkali mempengaruhi tidur salah satunya TB paru. Angka kejadian TB paru nomor 3 penyakit tertinggi didunia sesebsar 10,0 juta orang dari data hasil riskesdas tahun 2018 sebesar 0,42% dan dari data RSUP Dr. M.Djamil padang sebanyak 97,4% yang mengalami TB paru BTA positif. Tujuan penelitian mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur pada pasien TB paru di ruang paru RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2019.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dimulai dari awal bulan November 2018 sampai Juni 2019. Populasi adalah pasien TB paru yang mengalami gangguan istirahat dan tidur. Sampel 1 orang, dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik. Analisis data dilakukan untuk menentukan apakah ada kesesuaian antara teori dengan kondisi partisipan yang ditemukan.
Hasil penelitian didapatkan pasien tidak bisa tidur dengan nyaman, sulit untuk memulai tidur, sering terjaga di malam hari karena batuk dan sesak nafas, pasien hanya tidur 3-4 jam dalam sehari selama sakit. Didapatkan diagnosa keperawatan insomnia. Rencana keperawatan manajemen peningkatan tidur, manajemen lingkungan, managemen jalan nafas, terapi relaksasi. Evaluasi teratasi pada hari kelima dengan adanya peningkatan pola tidur dan jam tidur 8 jam sehari pada pasien, pasien tampak lebih segar, tidak gelisah, konsentrasi baik.
Disarankan kepada perawat melalui direktur rumah sakit untuk mempertahan dan memaksimalkan ventilasi dan kenyamanan lingkungan pasien, relaksasi dalam mengurangi stress, serta memberikan promosi kesehatan tentang meningkatkan pola tidur pada pasien TB paru yang mengalami gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur.
Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, istirahat dan tidur, TB paru
Daftar Pustaka : 19 (2013-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1901001 Agn AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001 Agn A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 72 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this