No image available for this title

Text

Penerapan Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Balita Pneumonia di wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang Tahun 2019



Anne Adprimayola

“Penerapan Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Balita Pneumonia di wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang Tahun 2019”

Isi : ix + 80 Halaman + 4 Tabel + 15 Lampiran

ABSTRAK

Prevalensi kejadian penyakit pneumonia menurut WHO pada tahun 2017 sekitar 20% kematian di Dunia disebabkan oleh pneumonia. Sedangkan prevalensi Pneumonia di salah satu puskesmas Di Indonesia sebesar 17.35 persen. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan keluarga pada pasien Pneumonia di Puskesmas Lubuk Begalung KotaPadang pada tahun 2019.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang dari Januari 2018 sampai dengan bulan Juni 2019. Pengumpulan data pasien pada tanggal 16 Mei 2019 dengan asuhan keperawatan keluarga . Populasi penelitian ini pasien yang berkunjung pada saat dilakukan penelitian tanggal 16 Mei 2019 didapatkan 1 orang dan langsung dijadikan sample. Analisis dilakukan dengan menganalisa semua temuan tahapan keperawatan yang dilakukan dengan teori dan penelitian terdahulu.

Hasil pengkajian didapatkan batuk berdahak sudah 1 minggu, demam dengan suhu 38C dan nafas sesak 42x/i, diagnosis keperawatan yang muncul yaitu ketidakafektifan bersihan jalan nafas berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenali penyakit, nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan masalah pneumonia pada anak balita, dan defisit pemeliharaan kesehatan berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan masalah pneumonia pada anak balita. Intervensi keperawatan dengan pendekatan TUK 1-5 yaitu dengan mengenal masalah, mengambil keputusan, cara perawatan, memodifikasi lingkungan dan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Implementasi keperawatan dengan cara mendemontrasikan batuk efektif dan memberikan pendidikan kesehatan tentang nutrisi dan pemeliharaan kesehatan. Evaluasi keperawatan yang didapatkan demam sudah teratasi, batuk teratasi sebagian dengan tindak lanjut cara melakukan batuk efektif.

Melalui kepala program di ruang KIA Anak di Puskesmas Lubuk Begalung Kota Padang, agar dapat menindak lanjuti pada pasien Pneumonia dengan cara melakukan pendidikan kesehatan dengan media dan materi yang spesifik.

Kata Kunci : PNEUMONIA, Asuhan Keperawatan Keluarga
Daftar Pustaka : 20 (2006-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1907007 Ann AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
007 Ann A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 99 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this