No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Tuberkulosis Paru di Willayah Puskesmas Andalas Padang Tahun 2019



Anisa Amalia Putri


“Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Tuberkulosis Paru di Willayah Puskesmas Andalas Padang Tahun 2019”


Isi: xiv + 65 halaman, 1 bagan, 9 tabel, 10 lampiran.


ABSTRAK
Tuberkulosis Paru merupakan penyakit yang paling mudah tertular terutama pada anak. Dampaknya anak akan sering batuk, sesak nafas, nyeri dada, berat badan , nafsu makan menurun, serta berkeringat di malam hari. Menurut Data Riskesdas (2018),menunjukkan bahwa prevelansi penduduk Indonesia yang di diagnosa TB paru oleh tenaga kesehatan tahun 2018 adalah 0,2 persen. Tujuan penelitian mendiskripsikan asuhan keperawatan pada anak dengan tuberkulosis paru di Wilayah Puskesmas Andalas Padang.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan kasus tanggal 20 – 24 Maret 2019 di Wilayah Puskesmas Andalas Padang. Subjek penelitian 1 partisipan, dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian – evaluasi, pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis dengan semua temuan pada tahapan proses keperawatan.

Hasil penelitian pada An. D yang berusia 9 tahun 6 bulan mengalami batuk berdahak, nafsu makan berkurang, berat badan turun (BB sebelum sakit:24 kg, BB sekarang:19 kg), badan terasa lemah/letih ketika melakukan kegiatan terlalu sering,anak sering berkeringat pada malam hari. Diagnosa utama yang muncul pada An D yaitu Ketidakefektifan bersihan jalan nafas berhubungan dengan ketidakmampuan untuk mengeluarkan sekret pada jalan nafas. Rencana keperawatan yaitu manajemen jalan nafas, monitor pernafasan, dan peningkatan (manajemen) batuk. Implementasi yang dilakukan sesuai intervensi yag telah dirumuskan. Evaluasi masalah teratasi sebagian pada hari ke-5.

Disarankan kepada tenaga kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang agar lebih mengoptimalkan pemberian penyuluhan dan edukasi kepada keluarga mengenai tindakan yang harus diakukan untuk mengoptimalkan proses penyembuhan.


Kata kunci: Tuberkulosis Paru, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 37 (2008-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1906006 Ani AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006 Ani A
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 85 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this