No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Neonatus Dengan Hiperbilirubinemia Di Ruang Perinatologi Kebidanan Dan Anak Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019



Idelha Josintika Sikuca
Asuhan Keperawatan Pada Neonatus Dengan Hiperbilirubinemia Di Ruang Perinatologi Kebidanan Dan Anak Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2019
xiii + 52 halaman, 1 gambar, 9 tabel, 12 lampiran
ABSTRAK
Hiperbilirubinemia merupakan masalah yang sering terjadi pada minggu pertama kehidupan neonatus. Ditandai dengan warna kuning pada kulit dan sklera yang dapat menimbulkan komplikasi, kren ikterus. Tujuan penelitian mendiskripsikan asuhan keperawatan pada neonatus dengan hiperbilirubinemia di ruang Perinatologi Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang.
Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan kasus tanggal 25 Februari 2019 sampai 29 Februari 2019 di ruang Perinatologi Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang. Subjek penelitian 1 partispan dengan menggunakan teknik puposing sampling. Instrumen pengumpulan data berupa format pengkajian sampai evaluasi. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis dengan semua temuan pada tahapan proses keperawatan.
Hasil penelitian, tampak kuning pada seleruh tubuh bayi, kulit kering, refleks hisap lemah dan bayi tampak lebih banyak tidur. Terdapat tiga diagnosis yang muncul dengan diagnosis utama yaitu ikterus neonatus berhubungan dengan usia kurang dari tujuh hari. Tindakan keperawatan yang dilakukan yaitu fototerapi dan manajemen laktasi. Evaluasi keperawatan setelah lima hari memberikan asuhan fungsi hati membaik dan tanda-tanda vital bayi dalam batas normal.
Diharapkan perawat agar lebih mengoptimalkan pemantauan asupan cairan pada bayi. Dengan reflek hisap lemah yang menjalani fototerapi. Kemudian memotivasi ibu tetap mempertahankan atau mengoptimalkan pemeberian ASI dirumah.
Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Hiperbilirubinemia
Daftar Pustaka : 22 (2009-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1944044 Ide AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
044 Ide A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this