No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Cedera Kepala di Ruangan HCU Bedah RSUP DR Djamil Padang



Hidayatul Ikhsan

“Asuhan Keperawatan Pada Pasien dengan Cedera Kepala di Ruangan HCU Bedah RSUP DR Djamil Padang”
X+89 Halaman, 4 gambar, 2 Tabel, 13 Lampiran

ABSTRAK
Cedera kepala merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas di dunia, yang banyak terjada pada laki-laki dibandingakan dengan perempuan. Persentase penyebab cedera kepala berdasarkan tempat kejadian di Indonesia 44,7% di rumah dan lingkungan, 31,4% jalan raya, 9,1% tempat kerja, 9,1% di sekolah, dan 8,1% tempat lain. Pasien yang dirawat di RSUP DR M Djamil Padang dalam 1 tahun terahir 1.045 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan cedera kepala di HCU Bedah RSUP DR M Djamil Padang.
Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi adalah pasien dengan diagnosa medis cedera kepala yang berjumlah 2 orang di HCU Bedah. Sampel sebanyak 1 orang yang diambil dengan cara purposive sampling. Penelitian dilakukan dari November 2018- Mei 2019 dan pengumpulan data dilakukan selama 5 hari dari14 Februari 2019-18 Februari 2019.
Masalah keperawatan yang ditemukan pada partisipan yaitu penurunan kapasitas adaptif intracranial, pola nafas tidak efektif, ketidakefektifan perfusi jaringan perifer, hipertermi resiko infeksi, gangguan mobilitas fisik, risiko konfusi akut, dan ketidak seimbangan cairan. Intervensi yang dilakukan antara lain manajemen edema serebral, peningkatan perfusi serebral, manajemen jalan nafas, terapi oksigen, monitor pernafasan, monitor tanda-tanda vital, perawatan sirkulasi, manajemen asam-basa, manajemen syok, perawatan demam, pengaturan suhu, aplikasi panas atu dingin, control infeksi, perlindungan infeksi, perawatan luka, perawatan selang, pengaturan posisi, bantuan perawatan diri, monitor neurologi, pencegahan jatuh, dan manajemen cairan. Masalah keperawatan yang teratasi pada partisipan yaitu ketidakefektifan perfusi jaringan perifer pada hari kelima dan hipertermi dan resiko infeksi pada hari ke tiga.
Diharapkan kepada perawat ruangan untuk mempertahankan intervensi keperawatan pada pasien cedera kepala.
Kata kunci: cedera kepala, asuhan keperawatan
Daftar pustaka:24(2008-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1943043 Hid AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
043 Hid A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 108 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this