No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan pada Tn.J dengan Kanker Paru di Ruangan Rawat Inap Paru RSUP. dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Nabila Khaira

Asuhan Keperawatan pada Tn.J dengan Kanker Paru di Ruangan Rawat Inap Paru RSUP. dr. M. Djamil Padang Tahun 2019

Isi : xiv + 58 halaman, 2 Skema, 2 tabel, 14 lampiran
ABSTRAK

Pada tahun 2017 di RSUP. dr. M. Djamil Padang terdapat 853 orang pasien dengan kanker paru. Prognosis yang buruk menyebabkan angka kematian yang tinggi, untuk itu diperlukan asuhan keperawatan yang optimal. Salah satu tindakan keperawatan yang dapat dilakukan adalah teknik distraksi mendengarkan murotal al-quran untuk meredakan nyeri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asuhan keperawatan pada pasien dengan kanker paru di RSUP. dr. M. Djamil Padang tahun 2019.
Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Waktu penelitian 14 Desember 2018 sampai 17 Maret 2019 di RSUP. dr. M. Djamil Padang . Populasi empat orang dengan sampel satu partisipan yang diambil secara simple random sampling. Instrument pengumpulan data adalah format asuhan keperawatan medikal bedah. Analisis dilakukan dengan cara membandingkan hasil temuan dengan teori dan hasil penelitian terdahulu.

Hasil penelitian ditemukan partisipan mengalami sesak nafas, terdapat retraksi dinding dada, penurunan berat badan yang signifikan, dan nyeri pada dada. Masalah keperawatan yang didapatkan pola nafas tidak efektif, defisit nutrisi, nyeri Kronis, gangguan pola tidur, dan ansietas. Rencana Keperawatan mengacu kepada masalah keperawatan yang ditemukan, peneliti juga menerapkan teknik distraksi mendengarkan murotal Al-quran untuk menghilangkan nyeri.

Hasil evaluasi didapatkan tidak semua masalah teratasi. Kesimpulan penelitian ini adalah tercapainya semua aspek tahapan keperawatan yang merupakan tujuan penelitian. Melalui direktur RSUP. dr. M. Djamil Padang diharapkan dapat menerapkan teknik distraksi mendengarkan murotal Al-quran untuk menghilangkan nyeri.

Kata Kunci : Kanker Paru, Asuhan Keperawatan
Daftar Pustaka : 28 (2007-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1959059 Nab AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
059 Nab A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xiv, 76 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this