No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Rasa NyamanNyeri pada Pasien Kanker Payudara di Ruang Bedah Wanita RSUP. Dr. M. Djamil Padang



Mutia Aniza

Asuhan Keperawatan Gangguan Rasa NyamanNyeri pada Pasien Kanker Payudara di Ruang Bedah Wanita RSUP. Dr. M. Djamil Padang.

Isi : x + 61 halaman + 3 tabel + 2 gambar + 13 lampiran

ABSTRAK

Menurut WHO 45% - 100% penderita kanker payudara mengalami nyeri sedang hingga berat. Hasil penelitian Lestari, dkk (2014) menunjukkan 27 pasien memiliki rerata skala nyeri 4,33±1,109 dengan skala nyeri minimal 2 dan maksimal 6. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan asuhan keperawatan gangguan rasa nyaman nyeri pada pasien kanker payudara di ruang Bedah Wanita RSUP.Dr. M. Djamil Padang tahun 2019.

Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus.Penelitian dilakukan di ruang bedah wanita RSUP.Dr. M. Djamil Padang dimulai November 2018 sampai Juni 2019.Pemilihan pasien dengan teknik simple random sampling.Jumlah sampel 1 pasien. Instrument pengumpulan data yaitu format tahapan proses keperawatan mulai dari pengkajian sampai pada evaluasi. Alat yang digunakan yaitu skala nyeri numerik (Numerical Rating Scale, NRS), tensimeter, stetoskop, dan jam tangan.Pengumpulan data dilakukan dengan cara anamnesa, pemeriksaan fisik, dan studi dokumentasi.

Hasil pengkajian didapatkan pasien mengeluh nyeri terasa berdenyut-denyut, nyeri hilang timbul, skala nyeri 6, frekuensi nyeri 5-10 menit.Diagnosis keperawatan pasien yaitu nyeri akut.Implementasi yang dilakukan untuk mengurangi nyeri yaitu teknik nafas dalam dan terapi musik. Evaluasi yang didapatkan pada pasien yaitu nyeri teratasi selama6 hari.

Melalui pimpinan RSUP. Dr. M. Djamil Padang diharapkan perawat ruangan bedah wanita dapat mengoptimalkan pemberian terapi musik dan teknik nafas dalam agar dapat mencegah dampak lain yang diakibatkan oleh nyeri pada kanker payudara.

Kata kunci : Nyeri, Kanker Payudara, AsuhanKeperawatan.
Daftar pustaka : (22) 2008-2018


Ketersediaan

KTIKP.1958058 Mut AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
058 Mut A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 78 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this