No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Pasien Sirosis Hepatis di Irna Non-Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Bintang Syarifatul Hidayah

Asuhan Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Pasien Sirosis Hepatis di Irna Non-Bedah Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019

Isi : xii + 74 halaman, 2 tabel, 12 lampiran

ABSTRAK
Kebutuhan nutrisi menjadi kebutuhan yang mutlak bagi setiap manusia. Munculnya gangguan pada pemenuhan nutrisi disebabkan oleh berbagai penyakit diantaranya sirosis hepatis. Data dari RSUP Dr. M. Djamil Padang didapatkan 350 pasien dirawat selama tahun 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran asuhan keperawatan pemenuhan nutrisi pada pasien sirosis hepatis.

Desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di ruang IRNA Non Bedah Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2018 sampai Mei 2019. Populasi didapat sebanyak 3 orang dengan pengambilan sampel 1 orang. Cara pengambilan sample dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer dan sekunder dengan observasi, wawancara, pengukuran, pemeriksaan fisik, analisa data dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian didapatkan pasien mengeluh nafsu makan menurun, badan terasa lemah dan pegal - pegal, imt 17,41. Didapatkan 3 diagnosa utama yaitu ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, konstripasi, dan keletihan. Rencana keperawatan sesuai dengan NIC. Evaluasi yang didapatkan selama 7 hari pada pasien dimana ketidakseimbangan nutrisi ; kurang dari kebutuhan tubuh teratasi sebagian, tidak terjadi penurunan berat badan dan adanya peningkatan berat badan pada hari ke-7. Diagnosa konstipasi teratasi pada hari ke 4, dimana pasien sudah BAB. Diagnosa Keletihan teratasi sebagian.

Disarankan kepada perawat agar dapat memaksimalkan dalam memberikan asuhan keperawatan secara profesional dan komprehensif khususnya pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pasien dan mengajarkan kepada keluarga tentang pentingnya pemberian diit yang tepat serta pemberian makan sedikit tapi sering untuk memebuhi kebutuhan nutrisi pasien serta monitor berat badan pasien.

Kata Kunci : Sirosis Hepatis, asuhan keperawatan
Daftar Pustaka : 21 (2010-2017)


Ketersediaan

KTIKP.1917017 Bin AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
017 Bin A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 84 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this