No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Gangguan Oksigenasi Pada Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) Di Ruang Paru RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019



Mulyani

Asuhan Keperawatan Gangguan Oksigenasi Pada Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) Di Ruang Paru RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019
ix + 55 halaman, 1 tabel , 13 lampiran

ABSTRAK
Jumlah pasien PPOK di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017 cukup banyak yaitu rawat jalan sebanyak 712 pasien dan rawat inap Paru sebanyak 316 pasien. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan asuhan keperawatan gangguan oksigenasi pada pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) di ruang paru RSUP. Dr. M. Djamil Padang tahun 2019.
Desain penelitian Deskriptif, dengan pendekatan studi kasus, dilakukan di ruang Paru RSUP. Dr. M. Djamil Padang dari bulan Desember 2018 sampai Juni 2019. Populasi pasien PPOK pada saat studi kasus yang mengalami gangguan oksigenasi sebanyak 2 orang dan sampel 1 orang. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara wawancara, pemeriksaan fisin dan dokumentasi.
Hasil penelitian didapatkan pasien mengeluh sesak napas dan batuk berdahak yang sukar untuk. Didapatkan 3 diagnosa utama yaitu ketidakefektifan bersihan jalan napas, ketidakefektifan pola napas, dan nyeri akut. Rencana keperawatan pada kasus sesuai dengan NIC. Setelah dilakukan implementasi pasien tidak sesak napas dan batuk berdahak dapat dikeluarkan dengan menggunakan batuk efektif. Masalah yang muncul teratasi sebagian.
Diharapkan perawat ruangan dapat memberikan asuhan keperawatan secara profesional dengan mengaplikasikan cara mengeluarkan sputum dengan teknik batuk efektif, memberikan posisi semi fowler, memberikan fisioterapi dada dan dapat memantau respon pasien terhadap oksigenasi.
Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Oksigenasi, PPOK
Daftar Pustaka : 18 (2008-2018)


Ketersediaan

KTIKP.1957057 Mul AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
057 Mul A
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
ix, 69 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this