No image available for this title

Text

Gambaran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu dalam Membawa Balita ke Posyandu (Melati) Tanjung Gedang di Wilayah Kerja Puskesmas Pamenang Pasar Tahun 2019



Lilik Sugeng

Gambaran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu dalam Membawa Balita ke Posyandu (Melati) Tanjung Gedang di Wilayah Kerja Puskesmas Pamenang Pasar Tahun 2019

Vi + 33 Halaman + 5 Tabel + 7 Lampiran

ABSTRAK

Dari penelitian pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Pamenang pada tanggal 10 Januari 2019 didapatkan data kehadiran balita yang datang ditimbang di Posyandu Melati Tanjung Gedang pada tahun 2018 hanya 24%, hal ini jauh dari target 76% dan menjadi prevalensi terendah dibandingkan Posyandu yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pamenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi ibu dalam membawa balita ke Posyandu Melati Tanjung Gedang Kabupaten Merangin tahun 2019.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan pada bulan Maret 2019 sampai dengan bulan Mei 2019 di Posyandu Melati Desa Tanjung Gedang wilayah kerja Puskesmas Pamenang Pasar. Sasaran penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita yang datang ke Posyandu Tanjung Gedang. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang didapatkan secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesinoner yang telah disiapkan. Data sekunder didapatkan dari pihak Puskesmas Pamenang. Teknik pengolahan data dimulai dari editing, coding, entry dan cleaning dengan menggunakan komputerisasi.
Hasil Penelitian ini dari 15 responden 86,7% berpartisipasi aktif dan 13,3% tidak aktif. 40% kategori pengetahuan tentang gizi yang cukup, 33,3% kategori baik dan hanya 26,7% dengan kategori kurang. kategori pendidikan tinggi 60% kategori pendidikan menengah 26,7% dan 13,3% kategori pendidikan rendah, 80% ibu yang tidak bekerja dan 20% ibu yang bekerja . Jarak dari rumah ke posyandu kategori dekat 80 % dan responden dengan jarak rumah ke posyandu kategori jauh 20%.
Saran bagi tenaga kesehatan agar meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pelayanan di Posyandu.

Kata Kunci : Posyandu, Partisipasi
Daftar Pustaka : 20 ( 2007 – 2018 )


Ketersediaan

KTIRPLGZ.1918018 Lil GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
019 Lil G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 45 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this