No image available for this title

Text

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Kegunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) Balita Di Posyandu Melati Wilayah Kerja Puskesmas Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi Tahun 2019



Sondang R.A

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Kegunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) Balita Di Posyandu Melati Wilayah Kerja Puskesmas Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi Tahun 2019

vi + 39 halaman, 9 tabel, 5 lampiran

ABSTRAK

Kartu Menuju Sehat (KMS) adalah kartu yang memuat kurva pertumbuhan normal anak berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur. Berdasarkan hasil survey awal di posyandu melati wilayah kerja Puskesmas Sengeti terdapat 127 balita. Balita yang mempunyai KMS 127 balita (100%), tetapi pada saat posyandu ibu yang membawa balitanya untuk ditimbang hanya 63 balita (49,60%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang kegunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) balita di Posyandu Melati wilayah kerja Puskesmas Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi tahun 2019.
Jenis penelitian ini ada penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita yang memiliki KMS, yaitu 127 balita dengan umur 0-59 bulan. Pengambilan sampel dilakukan secara Acidental Sampling. Jumlah sampel sebanyak 63 orang. Jenis data yaitu data primer meliputi data tingkat pengetahuan dan sikap Ibu balita tentang pemanfaatan kartu menju sehat dan data sekunder didapatkan melalui registrasi jumlah balita yang ada di Posyandu Melati. Data yang diperoleh dianalisis secara manual dengan perhitungan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan hampir separuh responden mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 30 orang (47,6%) dan sebagian besar responden mempunyai sikap positif sebanyak 48 orang (76,2%).
Diharapkan kepada ibu agar selalu mencari informasi terkini melalui petugas kesehatan, media massa, dan sebaginya tentang kegunaan dan fungsi KMS bagi ibu dan balita guna mencegah balita mengalami gangguan pertumbuhan.

Kata kunci : Kartu Menuju Sehat, Pengetahuan, Sikap

Dafar pustaka : 18 (2000-2017)


Ketersediaan

KTIRPLGZ.1936036 Son GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
036 Son G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 53 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this