No image available for this title

Text

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Asli (Pribumi) terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Jorong Sitiung Kecamatan Sitiung I Kabupaten Dharmasraya Tahun 2019



Martha Romany

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Asli (Pribumi) terhadap Pemberian ASI Eksklusif di Jorong Sitiung Kecamatan Sitiung I Kabupaten Dharmasraya Tahun 2019

viii + 44 halaman + 8 tabel + 8 lampiran

ABSTRAK

Berdasarkan laporan puskesmas yang dibagi berdasarkan wilayah kerja per kecamatan di Kabupaten Dharmasraya, masih banyak Puskesmas di Kabupaten Dharmasraya yang mempunyai cakupan ASI sangat rendah. Salah satu Puskesmas yang terendah pencapai ASI Eksklusif adalah Puskesmas Sitiung. Data kesehatan ibu dan anak dari Puskesmas Sitiung tahun 2018 pencapaian ASI eksklusif hanya 35,5%, salah satu jorong yang paling rendah adalah Jorong Sitiung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap masyarakat asli (pribumi) terhadap pemberian ASI Eksklusif di Jorong Sitiung Kecamatan Sitiung I Kabupaten Dharmasraya Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah deksipritif. Penelitian ini dilaksanakan di Jorong Sitiung Kecamatan Sitiung I Kabupaten Dharmasraya mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai anak balita umur 6 – 24 bulan yang ada di Jorong Sitiung Kabupaten Dharmasraya berjumlah 50 orang. Sampel sebanyak 33 orang dengan teknik simple random sampling. Data primer diperoleh dengan menggunakan alat bantu kuesioner. Pengolahan data secara komputerisasi dan dianalisis secara univariat.
Hasil penelitian didapatkan bahwa 57,6% responden memiliki mengetahuan yang tinggi tentang ASI Eksklusif dan 42,4% responden memiliki pengetahuan yang rendah tentang ASI Ekslusif. Lebih dari separoh (66,7%) responden memiliki sikap yang negatif tentang ASI Eksklusif dan 33,3% responden memiliki sikap yang positif tentang ASI Eksklusif.
Diharapkan bagi petugas kesehatan diharapkan dapat meningkatkan kampanye mengenai pentingnya pemberian ASI Eksklusif mengingat masih rendahnya persentase ibu yang memberikan ASI Eksklusif. Penyuluhan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bagi ibu yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan ibu yang memiliki nilai budaya yang kurang baik tentang ASI Eksklusif.

Kepustakaan : 23 (2002 – 2017)
Kata Kunci : Pengetahuan, motivasi, posyandu balita


Ketersediaan

KTIRPLGZ.1923023 Mar GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
023 Mar G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 60 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this