No image available for this title

Text

Gambaran Pengetahuan dan Motivasi Ibu Dalam Membawa Balita Usia 0-5 Tahun ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lintau Buo Utara I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019



Maslina

Gambaran Pengetahuan dan Motivasi Ibu Dalam Membawa Balita Usia 0-5 Tahun ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lintau Buo Utara I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019

x + 48 halaman + 7 tabel + 8 lampiran

ABSTRAK

Pemanfaatan kegiatan posyandu di Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 didapatkan setiap tahunnya menurun, pada tahun 2015 sebesar 79,2%, pada tahun 2016 turun menjadi 76,8%, sedangkan pada tahun 2017 kembali turun menjadi 73,5%. Rendahnya peran serta masyarakat untuk datang ke posyandu disebabkan adanya banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan motivasi ibu dalam membawa balita usia 0-5 tahun ke posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Lintau Buo Utara I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini akan dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo Utara I Kabupaten Tanah Datar yang dimulai dari bulan Maret s/d Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui yang ada di wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo Utara I Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi dan dianalisis secara univariat yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh (58,1%) responden memiliki mengetahuan yang tinggi tentang posyandu balita dan lebih dari separoh (60,2%) responden memiliki motivasi yang tinggi dalam membawa anak balita ke posyandu.
Harapan peneliti bagi puskesmas melalui petugas kesehatan agar dapat meningkatkan promosi kesehatan berupa penyuluhan kesehatan secara kontiniu dengan menggunakan media yang menarik seperti menggunakan leaflet yang bergambar menarik dengan bahasa yang dimengerti oleh ibu sehingga timbul rasa ingin tahu dan selanjutnya mau melakukan membawa anaknya datang ke posyandu. Harapan peneliti bagi peneliti selanjutnya agar melihat metode dan desain yang berbeda serta faktor-faktor lain yang berhubungan dengan dengan kunjungan ibu balita ke posyandu seperti tingkat pendidikan dan peran tokoh masyarakat.

Kepustakaan : 23 (2002 – 2017)
Kata Kunci : Pengetahuan, motivasi, posyandu balita


Ketersediaan

KTIRPLGZ.1925025 Mas GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
025 Mas G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 63 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this