No image available for this title

Text

Gambaran Asupan Lemak dan Serat pada Pasien Riwayat Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ulak Karang Kota Padang Tahun 2019



Muslimah Hanif

Gambaran Asupan Lemak dan Serat pada Pasien Riwayat Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ulak Karang Kota Padang Tahun 2019
vi+ 53 halaman, 14 tabel, 11 lampiran
ABSTRAK
Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang menjadi masalah kesehatan masyarakata di dunia karena hipertensi sering muncul tanpa gejala. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018 di Indonesia prevalensi hipertensi yang didapat melalui pengukuran pada umur lebih dari 18 tahun sebesar 34,1 %, tertinggi di Kalimantan Selatan 44,2% dan yang terendah di Papua 22,2%. Diantara factor risiko tersebut adalah konsumsi makanan tinggi lemak dan rendahnya serat.Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran konsumsi lemak dan serat sebagai factor risiko hipertensi.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain Cross Sectional Study. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Ulak Karang Kota Padang yang dilakukan dari bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Juni 2019 dengan menggunakan form SQFFQ dan banyak sampel berjumlah 35 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling dengan rentang usia 35-60 tahun, pengolahan data dengan uji Univariat.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden (54,3%) memiliki tekanan darah yang tidak terkendali. sebesar 68,6% responden memiliki asupan lemak ≥ 30% enegi total dengan rata-rata asupan lemak perharinya yaitu 75,9 gram/hari ± 11,2 gram. Seluruh responden (100%) memiliki asupan serat yang kurang dengan rata-rata asupan serat perharinya yaitu 15,5 gram/hari ± 2,58 gram.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan masyarakat terutama pada kelompo kusia 35-60 tahun untuk mengurangi konsumsi lemak terutama lemak jenuh yang berasal dari minyak dan santan serta meningkatkan konsumsi serat yang berasal dari sayuran dan buah, sehingga dapat mengendalikan factor risiko dalam menurunkan angka kejadian hipertensi.

Kata Kunci : Tekanan Darah, Hipertensi, Lemak sdanSerat
DaftarPustaka : 28 (2001-2018)


Ketersediaan

KTIGZ.1933033 Mus GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
033 Mus G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 78 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this