No image available for this title

Text

Gambaran Asupan Zat Gizi (Energi, Protein), Pola Asuh Ibu, dan Status Gizi Anak Usia 24-59 Bulan di Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Tahun 2019



Rani Hidayat

Gambaran Asupan Zat Gizi (Energi, Protein), Pola Asuh Ibu, dan Status Gizi Anak Usia 24-59 Bulan di Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Tahun 2019

v+ 48 halaman + 13 tabel + 11 lampiran

ABSTRAK

Status gizi merupakan gambaran keseimbangan antara kebutuhan tubuh akan zat gizi untuk pemeliharaan kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan fungsi normal tubuh dan untuk produksi energi serta asupan zat gizi lainnya. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018 prevalensi status gizi sangat pendek dan pendek secara nasional pada balita yaitu 30,8%, prevalensi status gizi buruk dan gizi kurang yaitu 17,7% dan status gizi kurus dan sangat kurus yaitu 10,2%. Status gizi dipengaruhi oleh penyebab langsung dan tidak langsung. Penyebab langsung yaitu asupan zat gizi dan penyakit infeksi sedangkan penyebab tidak langsung yaitu pola asuh ibu serta pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran asupan zat gizi (energi,protein), pola asuh ibu, dan status gizi anak usia 24-59 bulan di Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Tahun 2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 24-59 bulan dengan jumlah sampel 48 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data yang dikumpulkan yaitu asupan zat gizi (energi, protein), pola asuh ibu, dan status gizi anak usia 24-59 bulan di Kelurahan Ganting Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Tahun 2019. Pengolahan data secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 24-59 bulan memiliki status gizi kurang 8,3%, gizi lebih 2,1%, sangat pendek 8,3%, pendek 16,7%, kurus 6,2%, gemuk 6,2%. Asupan energi kurang sebanyak 60,4%, asupan protein kurang sebanyak 22,9% serta pola asuh ibu kurang sebanyak 52,1%.
Disarankan kepada ibu untuk lebih memperhatikan asupan anak dengan cara memberikan makanan yang bergizi seimbang sehingga kebutuhan anak dapat terpenuhi dan mencapai status gizi normal.
Kata Kunci : Status Gizi, Asupan Energi, Asupan Protein, Pola Asuh Ibu


Ketersediaan

KTIGZ.1948048 Ran GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
048 Ran G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 72 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this